Tingkat dasar, siswa harus dikenalkan dengan komputer

oleh -34 views
Link Banner

@Porostimur.com |Ambon : Memperkenalkan perkembangan ilmu dan teknologi, berupa perangkat komputer berikut tata cara penggunaannya, bukan dimulai dari sekolah pada jenjang menengah.

Namun pengenalan dan praktik penggunaannya, harus dilakukan saat siswa masih berada pada tingkat pendidikan dasar atau SD.

Hal ini dibenarkan Kepala SMPN 6 Ambon, Drs Jantje Mahulette,M.Pd, saat dikonfirmasi waratwan, di Ambon, Selasa (12/12).

”Kini sekolah telah bekerja sama dengan 34 SD untuk dapat memperkenalkan kepada siswanya tentang komputer. Agar siswa didikan mereka dapat memiliki dasar,” ujarnya.

ntuk pemantauan dan evaluasi atas perkembangan pengenalan ilmu dan teknologi ini, akunya, maka masing-masing sekolah diwajibkan situswebsitenya kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Baca Juga  Cerita Sella Eleuwarin, Guru Dadakan di Tengah Pandemi Covid-19

”Itu untuk memonitor perkembangan di setiap sekolah yang telah terjalin kerjasamanya. Tidak semua sekolah kami lakukan kerja sama ini, karena ada sekolah yang memiliki keterbatasan dalam memiliki komputer,” jelasnya.

Diakuinya, guru memiliki peran penting untuk memperkenalkan perkebangan ilmu dan teknpologi kepada para siswanya.

Dimana, siswa dapat diajarkan membuat animasi pendidikan dan disalurkan langsung sendiri ke dalam web yang tersedia.

Untuk itu, harapnya, keterlibatan para guru sangat diperlukan, khususnya bagi sekolah yang memiliki fasilitas di bidang komputer.

Pasalnya, bukan saja para guru pada bidang IT bakalan mendapatkan penguatan kapasitas, namun penguatan dimaksud pun bisa disalurkannya kepada anak didik.

”Bukan hanya SMP,  dasar dari itu adalah di ajarkan dan disiapkan dari tingkat SD. Hal ini penting karena SD dan SMP memiliki keterkaitan dan harus memiliki dasar sebelum ke jenjang sekolah yang lebih tinggi,” pungkasnya. (Amy)