Tingkatkan Kompetensi Guru di Tengah Pandemi Covid-19, MTs Miftahul Khair Namlea Selenggarakan MGMP

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Covid-19 masih menghantui Indonesia, salah satunya berdampak pada aktifitas pendidikan yang masih dibatasi ruang geraknya.

Kegiatan belajar siswa yang awalnya bersama disekolah harus terbagi dan dipindahkan ke rumah, sehingga para guru terpaksa harus menyesuaikan strategi proses pembalajarannya sesuai keadaan dan situasi pandemi saat ini demi memutus rantai Covid-19.

Hal ini mendorong MTs. Miftahul Khair Namlea Kabupaten Buru untuk menyelengarakan MGMP Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan tujuan mengoptimalisasi MGMP untuk peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru, yang mencakup: kemampuan dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan di tengah pandemi covid-19.

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Ako, Jikumerasa, Sabtu, 25 Juli 2020 lalu, diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran yang ada MTs. Miftahul Khair Namlea.

“Program kegiatan diarahkan untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan di tengah pandemi covid-19” ungkap ketua pelaksana MGMP, Fatma Sia, S.Pd.

Baca Juga  MS Kaban: Jokowi Terlalu Kentara Pro RRC Komunis

Narasumber pada kegiatan ini adalah Pengawas Madrasah, M.Yunus Rahim, S.Ag dan Pengawas PAI Kemenag Kabupaten Buru, Iskandar Ahmad, S.Pd.I., M.Pd.I, sekaligus membuka kegiatan MGMP MTs.

“Alhamdulillah, untuk semester ini, baru pertama kali hadir ditengah-tengah kegiatan MGMP. Dan MTs Miftahul Khair Namlea adalah madrasah baru namun dengan semangat melaksakan kegiatan yang baik ini. Kegiatan MGMP ini adalah sebuah terobosan dari salah satu madrasah swasta yang ada di Kemang Kab. Buru. Dan dengan adanya covid-19 ini kita mendapatkan tantangan baru untuk lebih meningkatkan mutu kualitas pembelajaran kita dalam situasi apapun”, kata Miftahul Khair dalam sambutannya mewakili Kasi Pendidikan Islam Kemenag Kab. Buru.

Kegiatan MGMP MTs. Miftahul Khair Namlea ini merupakan usaha untuk mempersiapkan guru agar memiliki berbagai wawasan pengetahuan, keterampilan dan memberikan rasa percaya diri untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai petugas professional.

Baca Juga  Laksanakan Patroli Kamtibmas, Personil Operasi Ketupat Siwalima Polda Maluku Imbau Warga Taat Prokes

Kepala Madrasah MTs. Miftahul Khair Namlea, Puspa Latukau, S.Pd., M. Pd. menyampaikan bahwa “Tuntutan kurikulum di tengah pandemi covid-19 tidak menyurutkan semangat rekan-rekan guru keluarga besar MTs. Miftahul Khair Namlea, agar tetap meningkatkan kompetensinya sehingga proses pembelajaran tetap harus bermakna. MGMP ini diharapkan menjadi gugus kendali dan penjaminan dalam rangka peningkatan mutu secara berkelanjutan” ujarnya. (ima)