Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama, Gimana Caranya?

oleh -79 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sepatu kulit memang terkesan lebih kokoh dan kuat. Padahal, dibutuhkan perawatan ekstra untuk bisa membuatnya lebih terawat dan tahan lama.

Dalam merawat sepatu kulit, kamu harus benar-benar memperhatikan bagaimana cara agar minyak dan kelembapan alami. Dengan begitu sepatu tidak akan kehilangan kelenturannya dan jalinan seratnya tidak akan retak.

Nah, beberapa hal dasar dalam merawat sepatu kulit yang harus kamu tahu dapat kamu simak dalam ulasan berikut ini.

Aturan Dasar dalam Merawat Sepatu Kulit

  • Usahakan untuk membersihkan sepatu kulit setelah setiap pemakaian atau setidaknya sebelum digunakan keesokan harinya. Pembersihan tiap pemakaian ini tidak sulit. Kamu hanya perlu memberi mereka dengan lap menggunakan brush dan kain untuk mengembalikan kilau.
Baca Juga  Real Madrid Masukkan Marco Asensio dalam Skuad Liga Champions
Usahakan untuk membersihkan sepatu kulit setelah setiap pemakaian atau setidaknya sebelum digunakan keesokan harinya.
Merawat sepatu kulit/ Sumber: Freepik.com
  • Kulit sepatu itu mengalami retakan. Kamu tidak perlu memolesnya untuk menutupi lipatan, cukup dengan mengaplikasikan krim yang menutrisi kulit dan memperlambat proses penuaan. Produk terbaik memiliki konsistensi seperti krim karena krim lebih mudah menembus kulit. Ssst! Cara kerja ini mungkin hampir sama dengan bagaimana kamu mencegah kulit keriput di wajahmu.
  • Gunakan sikat sepatu yang terbuat dari bahan alami dengan bulu panjang dan lembut. Jangan gunakan sikat yang kasar. Pasalnya, sikat yang halus akan mampu memberikan polesan yang lebih efektif.
  • Aplikasikan kondisioner pada sepatu setelah setiap 10-12 pemolesan.
  • Gunakan kondisioner krim secukupnya. Kamu bisa menghemat lebih banyak kondisioner dengan hanya menerapkan seukuran kacang polong. Kemudian ratakan di seluruh bagian kulit sepatu hingga menyerap. Biarkan krim menembus pori-pori kulit tanpa menumpuk di bagian luar. Ingat! Minyak yang berlebihan hanya akan mencegah kulit bernapas.
Baca Juga  Polisi Sebut Pembunuh Briptu Heidar Adalah KKB Pimpinan Jambi Mayu
Aplikasikan kondisioner pada sepatu setelah setiap 10-12 pemolesan.
Membersihkan sepatu kulit/ Sumber: Freepik.com
  • Jangan lupa bahwa sepatu hanya boleh dibersihkan saat sudah benar-benar kering. Hindari membersihkan sepatu kulit saat masih basah.
  • Biarkan sepatu mengering pada suhu kamar; hindari meletakkannya di dekat sumber panas karena ini akan membuat kulit menjadi mengeras. Jika sepatu kulit kamu sangat basah, isilah dengan handuk kecil di bagian dalamnya untuk mengeluarkan kelembapan dan biarkan sepatu ini kering secara alami.
  • Sepatu kulit membutuhkan waktu satu hari untuk mengering yang disebabkan oleh keringat alami.
  • Hindari memakai sepatu selama beberapa hari berturut-turut. Cobalah untuk mengganti alas kaki setiap hari dan biarkan kulit pada sepatu mengering.
Hindari memakai sepatu selama beberapa hari berturut-turut. Cobalah untuk mengganti alas kaki setiap hari dan biarkan kulit pada sepatu mengering.
Memoles sepatu kulit/ Sumber: Freepik.com
  • Selalu kenakan kaus kaki saat mengenakan sepatu kulit. Kamu juga bisa menggunakan shoe horn untuk mengenakan sepatu agar bagian belakang sepatu tidak meregang.
Baca Juga  Lionel Messi pensiun usai Piala Dunia?

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar sepatu kulit kesayangan kamu tetap terawat dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.