TNI siap backup Polda Maluku wujudkan kekondusifan di Maluku

oleh -157 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Menyongsong agenda politik yang cukup penting di tahun 2019, TNI menyatakan siap mendukung/back-up Polda Maluku menjaga kekondusifan di Maluku.

Apalagi agenda politik dimaksud sekelas pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Hal ini ditegaskan Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, dalam acara Comander’s Wish, di Gedung Serba Guna Mako Lantamal IX/Ambon, Kamis (13/12).

Saat membacakan sambutan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Gunawan menegaskan pihaknya siap membantu dan membackup Polda Maluku dalam menjaga keamanan.

”Kami pada dasarnya selalu siap membantu dan membackup bapak Kapolda. Karena pada dasarnya penanggungjawab keamanan ini adalah rekan-rekan dari unsur kepolisian. Jangan ragukan bahwa TNI dan Polri segera menjadi satu. Ada riak-riak sedikit, kita segera mengambil langkah-langkah agar jangan sampai riak itu berkembang. Mudah-mudahan soliditas dan solidaritas kita selalu terjaga,” ujarnya.

Baca Juga  Bawaslu Halbar Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2020

Begitupun dengan kerjasama yang terjalin baik selama ini, dapat tetap dipertahankan.

Sehingga, sinergitas itu benar-benar berjalan dengan saling mengisi kekurangan.

Hal ini ditegaskan Komandan Lantamal (Danlantamal) IX/Ambon, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang.

”Jadi kalau ada kekurangan maka kita saling menutupi dalam melaksanakan tugas pokoknya. Kita sering melaksanakan patroli bersama. Dan dikasih kopi. Inilah bentuk kebersamaan,” tegasnya.

Sementara Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Antariksa Anondo,SE,M.Tr(Han) dalam sambutannya mengapresiasi jalinan kerja sama yang baik kerap dilakukan bersama Polda Maluku maupun rekan-rekan TNI dari berbagai matra.

”Kami juga selalu dibantu oleh bapak Kapolda, Pangdam, termasuk Danlantamal khususnya saat menjalankan tugas di Bandara. Kami saat ini sedang merencanakan ada sebuah pos bersama antara TNI/Polri di Bandara. Ini sudah kami rencanakan dan Insya Allah pembangunannya tahun depan,” pungkasnya. (keket)