Tokoh Adat Apresiasi Kemenangan SMS-GES di Pilkada Bursel

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) bernomor urut 3, Hj Safitri Malik Soulissa dan Gerson Eliaser Selsily yang kerap dikenal dengan akronim SMS-GES, akhirnya keluar sebagai pemenang pada Pilkada di daerah tersebut.

Hasil ini tertuang dalam pleno terbuka KPU Bursel untuk rekapitulasi perhitungan suara, Selasa (15/12) dan penetapan pemenang, Rabu (16/12).

Dimana, SMS-GES ditetapkan sebagai pemenang suara terbanyak 16.874 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di kabupaten yang berjuluk Lolik Lalen Fedak Fena ini.

Torehan SMS-GES ini berada jauh di atas koleksi suara yag dikumpulkan paslon nomor urut 1, Hadji Ali – Zainudin Booy (Ajaib), maupun paslon nkmor urut 2, Abdurahman Soulissa – Elisa Ferianto Lesnussa (Manis).

Link Banner

Tokoh adat pesisir dan pegunungan, D. Waemese, dalam keterangannya kepada wartawan, menjelaskan bahwa SMS sendiri merupakan figur ibu kepala daerah yang sudah banyak makan asam garam pemerintahan di kabupaten yang mengusung semboyan Kai Wait atau orang basudara ini.

Baca Juga  Pergoki Istri Pesta Miras, Pria di Minahasa Tewas Ditikam

Pasalnya, ia sudah mendampingi Bupati Buru Selatan (Bursel), Hi DR Tagop Sudarsono Soulissa selama 2 periode berturut-turut.

Menurutnya, kemampuan SMS selama mendampingi Soulissa sebelumnya, merupakan public figur yang sangat ulet dan layak tepilih menjadi orang nomor satu di kabupaten ini.

Apalagi, akunya, karakter SMS sangat menyatu dengan masyarakat Bursel, bahkan dikenal sebagai figur yang sangat mengenal letak geografis daerah ini.

“Karena itu, sudah sepantasnya Safitri memimpin kabupaten ini dan melanjutkan pondasi atau program- program yang tidak sempat dituntaskan Bupati Tagop. Olehnya itu, sudah sewajarnya bila Pemilukada Bursel orang Bursel tidak salah memilih Ibu Safitri dan Pak Gerson dalam perhelatan Pesta demokrasi serentak yang kamaren pencoblosan di tanggal 9 Desember itu,” ujarnya.

Baca Juga  Maret 2021 Kota Ternate Mengalami Inflasi Sebesar 0,08 Persen

Selain menjadi Ketua TP PKK, jelasnya, Safitri juga menjadi Bunda Paud dan mantan anggota DPRD Provinsi Maluku.
Dimana, selama mendampingi Bupati Tagop 2 priode, ia dikenal sering terjun  ke desa dan dusun pada 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Bursel.

“Bahkan karakter dari seorang perempuan dan kemantangan serta keuletan menyatu dengan karakter masyarakat Bursel,” tegasnya.

Di lain sisi, terangnya, Gerson Selsily sendiri merupakan anak adat asli Bursel dengan modal kepemimpinan dan pemerintahan sebagai anggota DPRD setempat selama 3 periode berturut-turut.

“Yang mendampingi Ibu Safitri, sudah cukup berpengalaman. Pak Gerson menjadi anggota DPRD aktif tiga priode dan sudah banyak perjuangan selama kurun waktu empat belas tahun kepada masyarakat Bursel yang ada di enam kecamatan ini,” pungkasnya. (ima)