Tokoh Adat Apresiasi Kemenangan SMS-GES di Pilkada Bursel

oleh -12 views

Porostimur.com |Ambon: Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel) bernomor urut 3, Hj Safitri Malik Soulissa dan Gerson Eliaser Selsily yang kerap dikenal dengan akronim SMS-GES, akhirnya keluar sebagai pemenang pada Pilkada di daerah tersebut.

Hasil ini tertuang dalam pleno terbuka KPU Bursel untuk rekapitulasi perhitungan suara, Selasa (15/12) dan penetapan pemenang, Rabu (16/12).

Dimana, SMS-GES ditetapkan sebagai pemenang suara terbanyak 16.874 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di kabupaten yang berjuluk Lolik Lalen Fedak Fena ini.

Torehan SMS-GES ini berada jauh di atas koleksi suara yag dikumpulkan paslon nomor urut 1, Hadji Ali – Zainudin Booy (Ajaib), maupun paslon nkmor urut 2, Abdurahman Soulissa – Elisa Ferianto Lesnussa (Manis).

Baca Juga  Jelang Pilkada Malra 2024, Muhammad Thaher Hanubun Semakin Tak Terbendung

Tokoh adat pesisir dan pegunungan, D. Waemese, dalam keterangannya kepada wartawan, menjelaskan bahwa SMS sendiri merupakan figur ibu kepala daerah yang sudah banyak makan asam garam pemerintahan di kabupaten yang mengusung semboyan Kai Wait atau orang basudara ini.

Pasalnya, ia sudah mendampingi Bupati Buru Selatan (Bursel), Hi DR Tagop Sudarsono Soulissa selama 2 periode berturut-turut.

Menurutnya, kemampuan SMS selama mendampingi Soulissa sebelumnya, merupakan public figur yang sangat ulet dan layak tepilih menjadi orang nomor satu di kabupaten ini.