Tokoh Adat Ternate Minta Perhatian Yamin Tawari Bila Jadi Walikota

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sejumlah tokoh adat yang berdomisili di Kecamatan Ternate Utara menemui Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary, Selasa (17/11) malam.

Di kediaman Yamin yang terletak di Kelurahan Jati, Ternate Selatan, Maluku Utara, Rahman, salah satu tokoh adat Ternate yang juga Imam Sigi Heku mengungkapkan, maksud kedatangan mereka untuk meminta ke depan kesejahteraan para Bobato Dunia dan Akhirat Kesultanan Ternate dapat diperhatikan.

“Serta para Kapita dan Fanyira yang menghidupkan Fala Soa. Kami bersyukur Pak Yamin bisa menggunakan bahasa Ternate dengan fasih,” kata dia.

Melansir tandaseru.com, calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary pun menyetujui harapan para tokoh tersebut. Caranya adalah dengan mengalokasikan dalam APBD segala kebutuhan Kesultanan Ternate.

“Pada umumnya termasuk Sigi Lamo, Sigi Heku, Sigi Cim dan kesejahteraan para Bobato Kapita dan Fanyira dan pendidikan anak-anak Ternate. Dan ada jatah kepala dinas untuk putra terbaik Ternate,” papar Yamin di hadapan para tokoh tersebut.

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Operasi Keselamatan Siwalima 2021

Sementara itu, Fanyira Kulaba Wade mengatakan menjadi Wali Kota Ternate harus mengedepankan rasa kepedulian yang tinggi terhadap rakyat Ternate.

“Ternate sema rorasama rorasa bahasa Ternate. Untuk menghargai mancia Ternate, pemimpin harus tahu bahasa Ternate agar mampu membangun komunikasi dengan masyarakat, khususnya mancia Ternate dengan baik dan memahami kultur Ternate,” tuturnya.

Dia juga berharap ke depan pemerintah bekerja sama dengan Kesultanan serta memperhatikan Kedaton.

“Dan harus jelas alokasi dalam APBD. Kami sangat percaya kepada Pak Yamin karena Pak Yamin punya rasa kepedulian yang tinggi. Dan kami siap memenangkan YAMIN-ADA pada tanggal 9 Desember mendatang,” tandasnya. (red/al)