Tolak Divaksin, Presiden Brasil Sebut Vaksin Corona Ubah Manusia Jadi ‘Buaya’

oleh -35 views

Porostimur.com | Brasilia: Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, melontarkan serangan terbaru untuk vaksin virus Corona (COVID-19). Bolsonaro menebar keraguan soal efek samping vaksin Corona yang disebutnya bisa mengubah manusia menjadi buaya atau membuat wanita berjanggut.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Sabtu (19/12/2020), Bolsonaro yang sejak awal pandemi selalu meremehkan bahaya virus Corona ini, bersikeras menyatakan dirinya tidak akan disuntik vaksin Corona, bahkan saat negaranya mulai meluncurkan program vaksinasi Corona massal.

“Dalam kontrak Pfizer sangat jelas dinyatakan: ‘kami tidak bertanggung jawab atas efek samping apapun’. Jika Anda berubah menjadi buaya, itu masalah Anda,” ucap Bolsonaro dalam pernyataannya.

Vaksin Corona buatan Pfizer-BioNTech tengah menjalani uji klinis di Brasil selama beberapa pekan, namun sudah mendapat izin penggunaan darurat dan mulai disuntikkan kepada warga sipil di Amerika Serikat (AS) dan Inggris.

Baca Juga  6 Sikap agar Tidak Dipandang Sebelah Mata oleh Orang Lain

“Jika Anda menjadi manusia super, jika seorang wanita mulai menumbuhkan janggut atau jika seorang pria mulai berbicara dengan suara feminin, mereka tidak ada hubungannya dengan itu,” sebut Bolsonaro merujuk pada pihak produsen vaksin. “Atau lebih buruk, itu mempermainkan sistem kekebalan kita,” imbuhnya.