Tompi, Tulus hingga Isyana Sarasvati Hari Ini Tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2020

oleh -4 views
Link Banner

Porostimur.com | Yogyakarta: Ada yang berbeda dalam gelaran tahunan, Prambanan Jazz Festival tahun ini.

Perhelatan musik bergengsi ini tetap konsisten menggelar pertunjukan di Candi Prambanan di tengah pandemi Covid-19.

Penikmat Prambanan Jazz tetap dapat menyaksikan pertunjukan di tengah keterbatasan.

Tidak mudah menyelenggarakan perhelatan ini.

Link Banner

Proses panjang terkait perizinan penyelenggaraan harus dilalui demi terwujudnya Prambanan Jazz Festival 2020 di masa pandemi Covid-19.

“Usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara,” kata Anas Syahrul Alimi, founder Prambanan Jazz Festival.

Anas Syahrul Alimi mengungkapkan, situasi yang dihadapi saat ini sangat berbeda.

Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan, tidak terkecuali pelaku dan pekerja seni pertunjukan, seperti Prambanan Jazz Festival.

Promotor Rajawali Indonesia berupaya agar Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara secara offline dengan protokol kesehatan ketat.

Prambanan Jazz Festival harus mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan seluruh pihak yang terlibat.

Baca Juga  BMKG: Gempa Bumi M 3.9 di Kobisonta

“Kami prihatin terus melonjaknya kasus Covid-19. Namun kami ingin tetap menghadirkan PJF 2020 di tengah keterbatasan. PJF 2020 tidak hadir offline,” ucap Anas Syahrul Alimi.

Penyanyi Rio Febrian saat bernyanyi di Prambanan Jazz Online yang digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (18/7/2020) sore. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)
Penyanyi Rio Febrian saat bernyanyi di Prambanan Jazz Online yang digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (18/7/2020) sore. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)

Hal ini menjadi bentuk konsistensi Prambanan Jazz Festival yang tetap terselenggara di masa pandemi.

Menurut Anas Syahrul Alimi, keputusan ini langkah terbaik yang bisa ditempuh saat ini.

Ia menyampaikan permohonan maaf ke PJFLovers karena belum bisa menggelar perhelatan offline seperti biasanya.

Bakkar Wibowo, co founder Prambanan Jazz Festival, menyatakan, Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 digarap Tompi untuk visual broadcastingnya.

Tompi dikenal sebagai musisi yang belakangan ini kerap menggarap film layar lebar sebagai film director atau sering didapuk jadi video music director.

Salah satu momen yang terekam kamera di penyelenggaraan festival musik tahunan Prambanan Jazz Festival 2019 di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/7/2019). (Dokumentasi Rajawali Indonesia)
Salah satu momen yang terekam kamera di penyelenggaraan festival musik tahunan Prambanan Jazz Festival 2019 di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/7/2019). (Dokumentasi Rajawali Indonesia) ()

Tanpa Musisi Dunia, Ini Daftar Artis yang Tampil
Sederet musisi ternama Tanah Air akan tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2020.

Baca Juga  Gara-gara Postingan Anya Geraldine, Para Netizen Ramai-ramai Cari Film Ini

Di hari pertama Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 ada Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata dan Tompi.

Pada hari kedua ada Andmesh, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen dan Yura Yunita. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu dalam jazz version.

Tidak Ada Kerumunan

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 menggandeng TheEverydayBand, musisi asal Yogyakarta, untuk mengaransemen dan membuat lirik lagu Ke Prambanan Jazz Lagi sebagai lagu tema.

“Ini upaya untuk terus mempromosikan Yogyakarta sekaligus harapan untuk bisa menyaksikan Prambanan Jazz kembali secara langsung,” kata Direktur Utama Rajawali Indonesia Tovic Raharja.
Di Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 banyak yang berbeda, diantaranya tidak ada musisi atau artis dari luar negeri yang tampil.

Baca Juga  Nasehat Jubir Gus Dur untuk Menteri Agama

Di Candi Prambanan hanya akan ada kru yang bertugas dan musisi atau artis yang akan dihadirkan di venue secara bergantian sesuai rundown. Tujuannya supaya tidak menimbulkan kerumunan.

Pelaksanaan acara akan dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Band Langit Sore saat bernyanyi di Prambanan Jazz Online yang digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (18/7/2020) sore. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)
Band Langit Sore saat bernyanyi di Prambanan Jazz Online yang digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (18/7/2020) sore. (Dokumentasi Rajawali Indonesia) ()

Para penampil dan kru akan melakukan rapid test terlebih dulu sebelum acara.

Selama konser dipastikan protokol kesehatan berjalan ketat, seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, memakai masker dan face shield, serta tidak berkerumun atau tetap menjaga jarak.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 dapat disaksikan melalui platform digital iKonser, channel iKonser UseeTV (channel 459 SD | 949 HD), iKonser Apps dan UseeTV Go.

(red/tribunyogya)