Toyota Kembangkan Transmisi Matik Yaris GR Jadi 8-Percepatan

oleh -7 views

Porostimur.com, Tokyo – Setelah sukses mengembangkan transmisi manual 8 percepatan untuk Toyota Supra, produsen mobil asal Jepang itu diketahui sedang mengembangkan transmisi matik 8 percepatan untuk Yaris GR.

Dikutip dari Autoblog, Sabtu (23/4/2022), Toyota sedang melakukan uji coba transmisi 8 percepatan di ajang Toyota Gazoo Racing Rally Challenge. Teknologi baru ini menggunakan slushbox penguncian tradisional dengan roda gigi planetary tanpa kopling kembar.

Toyota juga sedang merancang gearbox self-shifting yang sesuai untuk Yaris GR ini. Shift paddle sedang diuji coba selama pengembangan, tetapi engineer dituntut untuk membuat box transmisi dilakukan lebih cepat.

Presiden perusahaan Akio Toyoda menyarankan untuk membalikkan teknik perpindahan transmisi khas Jepang. Nantinya perpindahan tuas perseneling GR Yaris dilakukan dari atas ke bawah.

“Ini berbeda dengan tuas otomatis di negara lain dengan pemindah gigi berurutan dari bawah ke atas,” katanya.

Logika perpindahan gigi juga sedang diprogram untuk perubahan yang mulus dan lebih efisien bahan bakar. “Jika menyangkut produksi, kami ingin melihat bagaimana Toyota berhasil memenuhi semua tuntutan ini,” kata Toyota.

Dalam pengembangan transmisi matik 8 percepatan ini, Toyota menugaskan Wakil Ketua Dewan Direksi mereka, Shigeru Hayakawa. Diketahui, Hayakawa bukan bukan orang baru di dunia otomotif, sebelumnya Hayagawa juga ikut berperan dalam pengembangan GR 86 di seri yang sama tahun lalu.

Dalam uji coba pertama, Hayagawa mengaku tim sempat mengalami kesalahan. Lalu Toyota membawa gril yang diperkuat ke putaran reli kedua karena putaran pertama sempat mengalami patah transmisi di salah satu mobilnya.

Para insinyur Toyota mengatakan transmisi yang mereka gunakan sekarang adalah roda gigi baru yang disesuai dengan mesin tiga silinder milik Yaris GR.

(red/sindonews)

No More Posts Available.

No more pages to load.