TPNPB Umumkan Satu Prajuritnya Tewas di Tembagapura

oleh -74 views
Link Banner

Porostimur.com | Jayapura: Management Markas Pusat Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB-Organisasi Papua Merdeka mengumumkan satu prajuritnya tewas ditembak penembak runduk TNI di Mile 53, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, pada Minggu (28/2/2021).

“Berita itu benar. Kami baru kondirmasi dan benar,” kata juru bicara TPNPB, Sebby Sambom menansir Jubi, Senin (1/3/2021).

Sambom menyatakan prajurit TPNPB yang tewas tertembak itu bernama Yasko Nebekalem. Nebekalem yang berusia 17 tahun itu ditewas ditembak penembak runduk di Kali Kopi Atas, Tembagapura, berdekatan dengan areal pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI). “TPNPB kehilangan seorang prajurit terbaik, dan TPNPB akan balas,” kata Sambom.

Sambom menyatakan penembakan itu tidak akan membuat TPNPB mundur dari areal gerilyanya di Tembagapura. “TPNPB tidak akan mundur, tapi tetap maju terus dan lanjutkan perjuangan guna merebut hak kemerdekaan bangsa Papua,” ujar Sambom.

Link Banner

Kepala Kepolisian Resor Mimika Papua AKBP IGG Era Adhinata yang menyatakan TNI/Polri yang bertugas di area PTFI berupaya mempersempit ruang gerak TPNPB. Era menyatakan kelompok bersenjata di area Freeport itu adalah TPNPB faksi Joni Botak.

Baca Juga  Antisipasi Bencana Alam di Kabupaten Kepualauan Aru, Brimob Maluku Gencar Patroli Tanggap Bencana

“Perlu diketahui bahwa setelah beberapa kelompok bersenjata meninggalkan Tembagapura, masih ada kelompok pimpinan Joni Botak yang ada di hutan-hutan. Untuk mendesak ruang geraknya dilakukanlah patroli masuk ke hutan, agar mereka tidak lagi mengganggu keamanan baik masyarakat maupun operasional PTFI,” kata Era Adhinata kepada Kantor Berita Antara.

Era Adhinata menjelaskan pada Minggu terjadi kontak tembak antara TPNPB dan aparat keamanan TNI/Polri. Menurutnya, patroli TNI/Polri melihat ada enam anggota kelompok bersenjata menyeberangi sungai di sekitar Mile 53. Setelah itu, terjadi kontak tembak sekitar 30 menit.

Ia menyatakan kontak tembak itu terhenti setelah TPNPB lari masuk ke dalam hutan. “Sampai saat ini aparat masih berusaha menuju lokasi tempat di mana KKB melakukan tembakan. Lokasi itu sangat jauh, di seberang kali. Untuk bisa menyeberang sampai ke sana, anggota harus mencari tempat yang agak dangkal,” jelasnya.

Baca Juga  Sosok Xu Yan, Gadis China yang Kencani 9 Pejabat Sekaligus Petinggi PKC, Peras Uang Rp 8,1 Miliar

(red/jubi)