Trending Tagar Indonesia Terserah, Berawal dari Tenaga Medis yang Kecewa

oleh -682 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Hashtag Indonesia Terserah ramai dibicarain di twitter. Tagar ini sudah dipakai oleh sedikitnya 27 ribu kali saat berita soal ini mencuat di media massa tanah air. 

Dari percakapan yang ada, diketahui tagar itu awalnya banyak digunakan oleh tenaga medis yang kecewa dengan sejumlah kebijakan Pemerintah Indonesia Dalam menangani pandemi Covid-19 yang sering- berubah-ubah.

Salah satu berita yang banyak dicari oleh warganet yang ingin mengetahui tentang tagar Indonesia Terserah adalah berita soal protes tenaga medis di Indonesia.

Mereka menyayangkan kebijakan Pemerintah Indonesia dengan cara membuat foto diri sambil memegang tulisan Indonesia Terserah dan dibagikan di media sosial.

Beberapa kebijakan yang disayangkan tenaga medis adalah larangan mudik yang dianggap sia-sia, juga kebijakan Gugus Tugas yang membolehkan pekerja berusia di bawah 45 tahun kembali bekerja.

Baca Juga  PMII Maluku Apresiasi Langkah Kapolri Temui Para Ulama

Sebelumnya peraturan Kementerian Perhubungan yang membuka akses transportasi udara dan darat secara penuh untuk kebutuhan logistik dan perpindahan orang yang berkaitan dengan penanganan covid-19 banyak menuai kecaman.

Kebijakan ini dinilai tumpang tindih dengan penerapan PSBB, terus lanjut lagi munculnya pelanggaran lain, seperti surat keterangan sehat yang dipalsu dan disalahgunakan.

Salah satu tweet kekesalan warga twitter soal kebijakan pemerintah dengan hastag Indonesia Terserah.

Aturan ini juga banyak mancing komentar dari warganet, baik dari pekerja ataupun masyarakat pada umumnya.

Tanda pagar Indonesia Terserah telah digunakan sejak Junat 15 Mei 2020.

Warganet banyak yang menyayangkan hal ini, seperti tweet dari akun bernama @itsmeeyd @itsmeeyd

Nyesek kalo liat tenaga medis yg udah berkorban sampe sejauh ini tapi masyarakat nya bodoamat dan nganggep biasa aja. Kaya gak ngehargain perjuangan mereka. Kalo tenanga medis udah bodo amat nasib kalian2 mau gimana?
Hampir gila liat orng yg makin seenaknya#indonesiaterserah

Baca Juga  Walikota Ambon akan Terima Penghargaan dari BNPB

Hal yang sama juga ditegaskan sama Andreas Harsono sebagai aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) sekaligus jurnalis ini menulis di akun twitter-nya (red/

View image on Twitter
“Sejumlah tenaga medis menumpahkah kekesalan terhadap apa yang mereka sebut sebagai kebijakan pemerintah yang “berpotensi memperluas penyebaran Covid-19” dengan menggunakan tagar #Indonesiaterserah
 

Tagar #IndonesiaTerserah trending di Twitter pada Sabtu (16/5). Awal kemunculannya berasal dari gambar seorang tenaga medis yang masih mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap yang membentangkan kertas bertuliskan “Indonesia?? Terserah!! Suka-suka Kalian Saja”.

Ketua Umum Perhimpunan Perawat Indonesia Harif Fadhilah mengakui jika beberapa kolega profesinya mengeluhkan sikap sebagian masyarakat yang masih abai.

Baca Juga  Tujuh Penumpang KLM Garuda Jaya Masih Hilang, Basarnas Palu Nyatakan Pencarian Ditutup

Para tenaga medis khawatir jika sikap cuek dengan tetap berkerumun bisa menambah jumlah pasien infeksi virus corona yang menyebabkan tambahan beban layanan kesehatan.

Menurut Harif, banyak yang mendukung tagar tersebut. “Ada sebagian mendukung, ‘kalau begini, kita sudah capek’. Kira-kira begitu,” kata Harif.

Salah satu kejadian yang memantik reaksi di kalangan perawat adalah kerumunan penumpang di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5). Harif mengatakan jika pemerintah seharusnya bisa mengantisipasi kerumunan masyarakat jika ingin menerapkan kelonggaran.

“Kalau memang ada relaksasi PSBB, mau tidak mau harus diikuti protokol kesehatan,” tambahnya. (red/rtm/grid/)