Triwulan IV 2017, ITK Maluku alami peningkatan

oleh -56 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Indeks Tendensi Konsumen (ITK), merupakan indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan Badan Pusat Statistik melalui Survei Tendensi Konsumen (STK).

Dimana, ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.

Perkiraan pada triwulan mendatang tersebut dilakukan oleh responden/konsumen dengan cara mengisi kuesioner survei tendensi konsumen yang disediakan oleh BPS.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Dumangar Hutauruk, kepada wartawan, di Kantor BPS Ambon, Senin (5/2).

Menurutnya, kondisi ekonomi konsumen pada triwulan III-2017 dengan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) sebesar 116,46, sementara pada triwulan IV-2017 sebesar 117,50.

Artinya, terjadi peningkatan kondisi ekonomi pada triwulan IV-2017 dengan tingkat optimisme lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi triwulan III-2017.

Baca Juga  Sejarah Karier Utha Likumahuwa, Penyanyi Suara Emas dari Ambon

”Bila dilihat ITK triwulan IV-2015 sampai dengan triwulan IV-2017, maka dapat dijelaskan bahwa kondisi ekonomi konsumen terus mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya dalam kurun waktu tersebut, meskipun tingkat optimismenya berbeda,” ujarnya.

Sedangkan perkiraan ekonomi konsumen pada triwulan I-2018 dengan nilai ITK Provinsi Maluku sebesar 97,73.

”Ini berarti kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan mengalami penurunan pada triwulan I-2018 dengan tingkat optimisme yang juga menurun,” pungkasnya. (Yuli Harmusial)