Triwulan IV 2017, PDRB Maluku capai Rp 10,41 trilyun

oleh -37 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Pada periode triwulan IV-2017, perekonomian Maluku berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) disesuaikan atas harga berlaku mencapai Rp 10,41 trilyun.

Sedangkan jika didasarkan atas harga konstan 2010, maka perekonomian Maluku mencapai Rp 7,20 trilyun.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Dumangar Hutauruk, kepada wartawan, di Kantor BPS, Senin (5/2).

Menurutnya, ekonomi Maluku triwulan IV-2017 (c-to-c) tumbuh sebesar 5,81%.

Link Banner

Dijelaskannya, dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi didorong oleh hampir semua lapangan usaha, kecuali pengadaan listrik dan gas yang mengaelami kontraksi sebesar 2,48%.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, jelasnya, terutama didorong oleh komponen konsumsi rumah tangga yang tumbuh sebesar 5,43%.

Baca Juga  Sidak di Falabisaya, Komisi II DPRD Kepsul Temukan Penjualan Minyak di Atas Harga

Sedangkan untuk perbandingan tahun ke tahun (y-o-y), ekonomi Maluku triwulan IV-2017 tumbuh 5,11%.

”Dan dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha konstruksi yang tumbuh 7,60 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen impor luar negeri yang tumbuh sebesar 10,05 persen,” ujarnya.

ika dibandingkan triwulan ke triwulan, tegasnya, maka ekonomi Maluku pada triwulan IV-2017 meningkat sebesar 2,61%.

Dimana dari sisi produksi, timpalnya, pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha pengadaan listrik dan gas yang mencapai pertumbuhan sebesar 7,50%.

”Sementara itu dari sisi pengeluaran, dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah yang mencapai nilai sebesar 5,92 persen,” pungkasnya. (Yuli Harmusial)