Truss Dijagokan Jadi PM, Janji Bakal Anggap China ‘Ancaman’ Inggris

oleh -52 views

Porostimur.com, London – Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss berjanji akan mendeklarasikan China sebagai ancaman keamanan nasional negaranya jika terpilih sebagai perdana menteri menggantikan Boris Johnson.

Mengutip politikus sekutu Truss, koran The Times melaporkan perempuan 47 tahun itu berjanji akan membentuk kembali kebijakan luar negeri Inggris dan menetapkan diplomasi dan pertahanan sebagai prioritas negara.

“China akan diangkat statusnya sama seperti Rusia yang didefinisikan dalam tinjauan negara sebagai ‘ancaman akut’,” bunyi laporan The Times yang dikutip kantor berita Rusia, TASS.

Selain soal China, Truss bahkan menyatakan ragu terhadap kemitraan Inggris-Prancis selama ini.

The Jury’s out (idiom yang berarti sesuatu yang belum diputuskan atau yang belum jelas),” kata Truss saat ditanya apakah Presiden Emmanuel Macron adalah teman atau musuh Inggris dalam debat dengan pesaingnya, eks Menteri Keuangan Rishi Sunak.

Baca Juga  Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP 12 Kali Beruntun, Menteri AHY Apresiasi Kinerja Seluruh Jajaran

Truss juga menambahkan jika dia menjadi perdana menteri Inggris, dia akan menilai Macron “berdasarkan perbuatan, bukan kata-kata.”

Dikutip Reuters, jawaban Truss itu langsung mengundang sorak sorai dan tepuk tangan dari penonton anggota Partai Konservatif.

Relasi London dan Paris terus memburuk sejak Inggris meninggalkan Uni Eropa pada 2020. Perselisihan keduanya pecah mengenai hukum imigrasi dan perdagangan di Laut Irlandia pasca-Brexit berlaku.