Tulisan di Tubuh Ikan Bukan Kata “Ambon” dan “Maluku” Tapi Jerigen Bahan Bakar

oleh -276 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Masyarakat Maluku, sepanjang hari ini Senin (21/10/2019) digegerkan dengan pemberitaan tentang penemuan seekor ikan bertuliskan kata-kata dengan susunan yang tidak beraturan di tubuhnya,

Ikan yang oleh masyarakat setempat disebut tatu bodo itu ditemukan salah satu nelayan bernama Nathik di Seram Bagian Barat.

Penemuan ikan dengan huruf-huruf ditubuhnya itu lantas diberitakqn sejumlah media dengan narasi “di tubuh ikan itu terdapat tulisan “Ambon” dengan susunan huruf-huruf kapital  yang tidak beraturan. Ada juga sejumlah huruf yang membentuk kata-kata yang sulit dimengerti”.

Pemberitaan ini lantas memicu berbagai perdebatan, baik di rumah kopi maupun dunia maya.

Sejumlah pengguna media sosial Facebook di Ambon dan Maluku bahkan mengaitkan penemuan ikan tersebut dengan gempa bumi dan tsunami serta hal mistis lainnya.

Baca Juga  Peran Baru Lionel Messi di Barcelona, Ronald Koeman Belajar dari Lionel Scaloni

Penelusuran porostimur.com di dunia maya menemukan sebuah postingan yang mencerahkan terkait penemuan ikan aneh tersebut.

Adalah Almascatie Al, seorang blogger dan penguat media sosial yang mengunggah status mencerahkan itu.

Melalui akun Facebooknya, Almascatie menulis status sebagai berikut:

Penasaran ama ini ikan. Bisa baca sedikit, akhirnya lempar ke twitter clue pertama dapat kata “Flammable” Atau mudah terbakar. Dan untung ada mas Tito yg rela menperjelas beberapa huruf di tubuh ikan, dgn garis2 tersebut.

Dr huruf2 yg ada. Bisa diperkirakan kata bagian atas bisa from bisa berbentuk :

petroleum
Flammable
Material

If swallowed
Flammable
Fuel.

Kesimpulannya ini ikan, mungkin ke gencet jerigen bahan bakar (entah bensin ato solar) hingga teks pd tubuh jerigen terpahat pada tubuh ikan. Ato bisa saja ikan ini ketempelan plastik dr bahan bakar hingga membuat tanda pada tubuh ikan.

Postingan tersebut juga disertai foto ikan yang sudah ditandai huruf-hurufnya secara jelas menggunakan tinta warna merah, sehingga dapat terbaca dengan lebih mudah.

Baca Juga  Pemuda tangung tewas ditikam di Terminal Mardika

Facebook’s lain bernama Eduard Pupella Jr menulis status sedikit satir dengan gaya bercanda

Media Online yang tulis berita, deng orang yang dapa akang ikan nih jua mongo2 k bagaimana ee..??? beta dari tadi bola bale akang foto nih sampe bola bale HP jua tar dapa tulisan AMBON tabola bale sesuai yang di beritakan 🤣😅

Kamong nih mangkali stress.. ikan nih pasti terjebak limbah sampah dari kacil jadi proses pertumbuhan mengakibatkan tulisan terbentuk akibat limbah.. jadi jang talalu Mongo2 🤣😃

Sementara itu, Kepala LIPI Ambon Nugroho Dwi Hananto mengatakan, tulisan di tubuh ikan itu kemungkinan karena terkena plastik atau benda lain yang menempel di kulit ikan.

Baca Juga  Bersama PT. Pos, Pemkot Ambon Langsung Antar BST ke Rumah Penerima Bantuan

“Mungkin di ikan ini ada kena plastik atau koran yang tintanya menempel di kulit ikan itu,” kata Nugroho sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Nugroho juga meminta agar kejadian itu tidak dihubung-hubungkan dengan sebuah pertanda akan terjadi bencana di Maluku.

“Jadi jangan dikaitkan tulisannya dari alam lain sebagai peringatan akan ada bencana,” ujar Nugroho. (red/rtl)