Tuntutan profesi, guru diwajibkan menulis

oleh -54 views
Link Banner

@Porostimur.com |Ambon : Workshop Publikasi Ilmiah Untuk Guru digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku, di SMPN 6 Ambon, Senin (11/12).

Salah satu materi yang menjadi sorotan yakni karya ilmiah yang harus dikembangkan dan ditulis oleh seorang yang berprofesi sebagai guru, dalam rangka memenuhi tuntutan profesinya yakni sebagai tenaga pengajar.

Hal ini ditegaskan salah satu pemateri sekaligus pengawas pendidikan SMA, Oktavianus Sahulatta.

”Guru harus diperkenalkan dengan lebih mendalam tentang pembuatan karya ilmiah gunanya meningkatkan kompetensi dalam bidang penelitian contoh cara menulis artikel dan membuat jurnal selain itu juga menjadi syarat kenaikan pangkat atau golongan,” ujarnya.

Link Banner

Begitupun yang berkesempatan menulis, jelasnya, masih ada yang belum mengerti tentang tata cara pembuatan jurnal maupun artikel.

Baca Juga  Membiarkan ODP Berkeliaran Politisi Nasdem minta Bupati Copot Ketua Tim Gugus

”Kebanyakan para guru tidak memahami tentang cara membuat jurnal dan membuat artikel dan jarang mengikuti kegiatan menulis yang dasarnya hingga bagus untuk kompetensi yang bisa diterapkan bagi siswa di sekolah,” jelasnya.

Begitupun seluruh kepala sekolah, diharapkannya selalu memperhatikan kinerja kompetensi pengembangan pada guru dan siswanya.

”Hingga apa yang diterapkan SMPN 6 Ambon pada siswa dan gurunya itu, patut untuk dikembangkan karena yang kita lihat bahwa pengenalan guru yang terbatas. Dan itu juga bisa mempengaruhi perkenalan lebih mendalam untuk siswanya”,pungkasnya. (Team)