UEFA Pindahkan Final Liga Champions dari Rusia ke Inggris, Kutuk Invasi Militer Rusia ke Ukraina

oleh -30 views
Gelandang Atalanta Ruslan Malinovskyi memperlihatkan kaus bertuliskan Jangan Ada Perang di Ukraina pada pertandingan di Liga Europa. Foto: PANAYOTIS TZAMAROS/AFP
Link Banner

Porostimur.com, Nyon – UEFA mencoret Rusia dari status sebagai negara yang akan menyelenggarakan final Liga Champions.

Dunia olahraga kompak mengambil tindakan. UEFA siap untuk mencabut hak tuan rumah Rusia untuk final Liga Champions.

Dunia olahraga mengambil tindakan kolektif atas invasi militer negara itu ke Ukraina.

Presiden FIFA Gianni Infantino juga mempertimbangkan masalah ini, dengan menyatakan bahwa dia prihatin dengan situasi tragis dan mengkhawatirkan setelah Rusia meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pada hari Kamis.

Liga Champions
Liga Champions (Istimewa)

“Saya terkejut dengan apa yang saya lihat. Saya khawatir dan prihatin dengan situasi ini. FIFA mengutuk penggunaan kekuatan,” kata Infantino pada konferensi pers dikutip dari foxsports.

Rusia akan menjadi tuan rumah playoff Piala Dunia 2022 dengan Polandia pada 24 Maret dan jika menang lagi pada 29 Maret mereka akan melawan pemenang Republik Ceko dan Swedia – meskipun federasi itu menuntut pertandingan dipindahkan dari Rusia.

UEFA akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Jumat ketika badan sepak bola Eropa mengatakan “sangat mengutuk” invasi militer Rusia ke Ukraina, dan badan pengatur dilaporkan telah menyerukan untuk memindahkan final Liga Champions dari St Petersburg.

“UEFA berbagi keprihatinan yang signifikan dengan komunitas internasional untuk situasi keamanan yang berkembang di Eropa dan mengutuk keras invasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina,” katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

“Kami tetap teguh dalam solidaritas kami dengan komunitas sepak bola di Ukraina dan siap untuk mengulurkan tangan kami kepada rakyat Ukraina.”

“UEFA mengutuk invasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina”.

UEFA berbagi keprihatinan signifikan komunitas internasional untuk situasi keamanan yang berkembang di Eropa dan mengutuk keras invasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

Sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan dan mempromosikan sepak bola sesuai dengan nilai-nilai umum Eropa seperti perdamaian dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, dalam semangat Piagam Olimpiade. Kami tetap teguh dalam solidaritas kami dengan komunitas sepak bola di Ukraina dan siap untuk mengulurkan tangan kami kepada rakyat Ukraina.

Baca Juga  TPK Hotel Bintang Provinsi Maluku Utara pada Desember 2020 sebesar 43,19 persen.

Kami menghadapi situasi ini dengan sangat serius dan mendesak. Keputusan akan diambil oleh Komite Eksekutif UEFA dan diumumkan besok (hari ini, Red).”

Gelar Pertemuan Luar Biasa Hari Ini

UEFA mengatakan pertemuan luar biasa komite eksekutifnya akan diadakan pada hari Jumat pukul 09:00 GMT dan keputusan kemungkinan akan dibuat pada final Liga Champions musim ini.

Laga pamungkas kompetisi utama sepak bola klub Eropa itu rencana awalnya dijadwalkan akan dimainkan pada 28 Mei di Gazprom Arena di Saint Petersburg.

Stadion itu telah menjadi tuan rumah beberapa pertandingan di Kejuaraan Eropa tahun lalu dan di Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia.

“Kami menghadapi situasi ini dengan sangat serius dan mendesak. Keputusan akan diambil oleh Komite Eksekutif UEFA dan diumumkan besok (Hari ini, red),” tambah UEFA, Kamis.

UEFA akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Jumat pagi (25/2/2022) terkait dengan pencoretan St Petersburg sebagai tempat digelarnya final Liga Champions.

Itu dilakukan setelah invasi habis-habisan Rusia ke Ukraina.

Stadion Wembley, West Ham dan Tottenham semuanya ingin membawa permainan final Liga Champions ke Inggris.

UEFA telah mengadakan pertemuan darurat pada hari Jumat setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Pada awalnya, Final Liga Champions pada 28 Mei akan dipentaskan di Saint Petersburg.

Stadion Wembley atau Stadion Tottenham atau West Ham bisa menjadi tuan rumah pertandingan.

Rusia dapat dicoret dari final Liga Champions pada Jumat setelah UEFA mengadakan pertemuan darurat.

Pada awalnya, acara final sepak bola klub Eropa dijadwalkan akan diadakan di Stadion Krestovsky di Saint Petersburg pada 28 Mei.

Baca Juga  Kapolda Maluku Kunjungi Pasien Covid-19 di RSUD Namlea

Tapi invasi Rusia ke Ukraina, yang dimulai pada Kamis pagi, berarti kemungkinan besar final akan dipindahkan.

Tiga tempat di London – Stadion Wembley, Stadion Tottenham Hotspur dan Stadion London West Ham – menjadi alternatif potensial.

Sebuah pernyataan UEFA mengatakan: ‘Mengikuti evolusi situasi antara Rusia dan Ukraina dalam 24 jam terakhir, Presiden UEFA telah memutuskan untuk mengadakan pertemuan luar biasa Komite Eksekutif pada hari Jumat 25 Februari pukul 10:00 CET, untuk mengevaluasi situasi dan mengambil semua keputusan yang diperlukan.”

UEFA juga berada di bawah tekanan yang meningkat untuk membatalkan kesepakatan sponsor senilai £33 juta per musim mereka dengan penyedia energi mayoritas milik negara Rusia Gazprom, yang juga mensponsori UEFA Nations League dan final Kejuaraan Eropa.

Sportsmail melaporkan bahwa pemilik West Ham akan terbuka untuk menggelar final Liga Champions di Stadion London yang berkapasitas 62.500 orang.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menyatakan itu ‘tidak terbayangkan’ bahwa final akan dipentaskan di Saint Petersburg.

Wembley – yang menampung 90.000 penonton – adalah pilihan tetapi stadion tersebut akan menggelar final play-off Championship dan League Two pada akhir pekan yang sama.

Stadion Tottenham Hotspur – kapasitas 62.850 – atau kandang West Ham tidak memiliki masalah seperti itu.

UEFA mengkonfirmasi bahwa pertandingan tandang Liga Europa Zenit St Petersburg melawan klub Spanyol Real Betis akan berlangsung pada Kamis malam.

Itu terjadi ketika Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukan militernya untuk melancarkan invasi habis-habisan ke Ukraina dengan serangan yang datang secara bersamaan dari selatan, timur dan utara, melalui darat dan udara.

Rudal dan bom menghujani dari langit, tank meluncur melintasi perbatasan, pasukan diterjunkan di wilayah timur dan ledakan terlihat di seluruh negeri.

Baca Juga  Sekot Ambon Minta Optimalkan PAD Lewat Pajak dan Retribusi

Angka resmi mengatakan 40 tentara Ukraina tewas dalam pertempuran awal dengan ‘puluhan’ terluka setelah Putin memberi lampu hijau untuk invasi pagi hari Kamis.

Ukraina mengklaim bahwa enam jet Rusia ditembak dari langit di atas wilayah Donbass timur dengan 50 tentara Rusia tewas tetapi angkatan udara Rusia telah menguasai langit di atas negara itu.

Rudal yang dipandu dengan presisi menghantam sasaran strategis di seluruh negeri, termasuk lapangan terbang, pangkalan militer, tempat pembuangan amunisi, dan pos komando.

Langit malam di atas Kyiv menyala saat Rusia menargetkan markas komando militer Ukraina di dekat kota.

Jalan raya di luar kota macet saat ribuan orang berusaha meninggalkan Kiev dan sirene serangan udara terdengar sejak pagi.

Juga dalam agenda pertemuan UEFA bisa jadi momen membahas apa yang terjadi dengan play-off kualifikasi Piala Dunia yang dijadwalkan Maret.

Ukraina akan melakukan perjalanan ke Glasgow untuk bermain melawan Skotlandia di semifinal satu leg pada 24 Maret tetapi pertandingan ini sekarang harus diragukan.

Rusia, sementara itu, akan menjamu Polandia pada hari yang sama di semifinal mereka.

Pemenang pertandingan itu akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko di final pada 29 Maret.

Namun, ketua Asosiasi Sepak Bola Swedia mengatakan pertandingan play-off melawan Rusia ‘hampir tidak terpikirkan’ saat ini.

Karl-Erik Nilsson berkata: “Ini adalah skenario yang mungkin … secara spontan di sekitar perasaan yang kita miliki saat kita bangun pagi ini adalah bahwa hampir tidak terpikirkan bahwa kita dalam beberapa minggu akan memainkan pertandingan sepak bola di Rusia.”

“Seperti yang terlihat di sini dan sekarang, hari ini, sama sekali tidak ada keinginan untuk memainkan pertandingan sepak bola di Rusia,” tambahnya.

(red/tribunnews)

No More Posts Available.

No more pages to load.