Uji ketangkasan prajurit, Kodam Pattimura gelar renang 1 Km

oleh -86 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon :Memilih lokasi di Natepa Beach, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menggelar renang sejauh 1 Km, Jumat (5/1).

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura, menyebutkan renang ini melibatkan 3 satuan berbeda yang dinaungi Kodam yakni Rindam, Korem dan Yonif 733 Raider/Masariku.

Satuan Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura, dipimpin langsung oleh Danrindam, Kolonel (Inf) Aswardi,S.E, perwira Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya, dibawah pimpinan Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel (Inf) Christian Kurnianto Tehuteru dan Batalyon Infanteri Raider 733/Masariku yang dikomandoi oleh Danyonif Raider 733/Masariku, Letkol (Inf) Nurul Huda.

Sementara jumlah peserta dalam renang sejauh 1 Km ini sebanyak 120 orang, dimana seluruhnya mampu menyelesaikan lomba renang tanpa masalah, meskipun air laut bergelombang.

Renang sendiri merupakan olah raga yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Baca Juga  Mako Rindam XVI/Pattimura Juarai Turnamen Sepak Bola Antar Satuan "Eriwakang Super League 2021"

Namun, renang sejauh 1000 meter bukan merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang.

Pemanasan atau warming up dilakukan para peserta untuk meghindari terjadinya kram atau pun kejang otot pada saat renang dilakukan.

Sedangkan lintasan renang yang dilalui adalah dengan pola bolak-balik dan dibatasi oleh seutas tali yang ditambatkan pada pelampung setiap beberapa meter.

Begitupun Live Guard terus disiagakan penyelenggara (tim jasmani Rindam) untuk terus mengawasi setiap perenang.

Pada saat evaluasi kegiatan, Wadan Rindam, Kolonel Inf Alfi Sahri Lubis, menegaskan bahwa setiap peserta yang telah menempuh renang dan kembali ke titik awal akan dicatat waktunya.

Dimana, tujuan dari pencatatan waktu tersebut adalah sebagai patokan waktu, yang akan digunakan saat pelaksanakan renang laut 1000 meter yang akan datang.

Baca Juga  Muenchen Juara Dunia Antar Klub, Flick: Kami Dominan dan Pantas

”Jadi kita akan mengetahui apakah waktu yang kita tempuh nanti lebih baik atau menurun dari waktu yang diambil sekarang,” pungkasnya. (Jessica Soplera)