Uji Sertifikasi Kompetensi SMK Putra Bahari Ternate Resmi dibuka, ini Harapan Kepsek

oleh -87 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Bahari Kota Ternate, resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatandan SDM Darwis Pua, mewakili Gubernur Provinsi Maluku Utara.

Pembukaan USK tersebut dilangsungkan dengan dialog yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Imam Makhdi Hasan, Perwakilan Dinas Kesehatan Maluku Utara, Perwakilan Atosim Lampung Pelayaran (ALP) Veri Swasta Maluku Utara, Perwakilan KSOP Kelas II Kota Ternate, Perwakilan PT Kimia Farma, Perwakilan Labkesda Maluku Utara, dan Perwakilan Labkesda Kota Ternate.

Kepala Sekolah SMK Putra Bahari Ternate, Drs. H. Umar Muhtar mengatakan, ada dua item penting yang dibahas pada dialog tersebut. Pertama, percepatan regulasi pendidikan di Maluku Utara dan Kedua, usulan SMK Putra Bahari Ternate kepada pemerintah untuk membuat regulasi yang mengikat dunia usaha dan dunia industri.

Baca Juga  Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Lantamal VIII Bersih-Bersih Pantai Bunaken

“Sehingga di setiap pelaksanaan Pelatihan Kerja Lapangan atau PKL oleh SMK tidak ada permasalahan apapun,” ujarnya.

Link Banner

Umar menjelaskan Ujian Sertifikasi Kompetensi dihadiri 7 Orang Asesor yang ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) masing-masing. Yakni, tiga orang Asesor LSP Asnakes Indonesia perwakilan Surabaya, dan empat orang Asesor LSP Purna Bahari Manado.

“Khusus untuk Jurusan Pelayaran akan diuji oleh empat orang Asesor LSP Purna Bahari Manado,” ucapnya.

Menurut dia, ada 148 Siswa/Siswi yang akan mengikuti USK yang tersebar di empat program keahlian yakni, Program Nautika Kapal Niaga, Farmasi, Perawat, dan Analis.

Ujian Sertifikasi Kompetensi SMK sambung Umar, Wajib dilaksanakan setiap tahun oleh sekolah SMK. Hanya saja USK ini ada dua kategori yaitu Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang dilaksanakan oleh Kemendikbud, dimana sertifikatnya ditandatangani oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Sedangkan USK yang dilaksanakan SMK Putra Bahari Ternate ini sertifikatnya bertaraf Internasional yang ditandatangani langsung oleh BNSP.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon hari ini, Sabtu 1 Agustus 2020

Pelaksanaan USK ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 5 hingga 7 April 2021 mendatang.

“Oleh sebab itu Kami berharap berbagai program yang dikembangkan oleh SMK ada kerjasama yang baik antara Pemprov Malut dengan SMK yang ada di Maluku Utara Terutama berkaitan dengan Dudi,” imbuhnya. (sarjan)