Ujian Sekolah Tingkat Wustha di Maluku Berlangsung Dibawah Bayang-Bayang Pandemi Corona

oleh -252 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Meski dibawah bayang-bayang pandemi Corona (Covid-19), Ujian Sekolah (US) tingkat Wustha (SMP/MTs) pada Pondok Pesantren Salafiyah Provinsi Maluku Tahun 2020 total digelar serentak pada hari ini, Senin (23/3/2020).

Sebanyak tujuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengikuti US terhitung sejak hari ini, Senin sampai Sabtu mendtang.

Tujuh Ponpes tersebut masing-masing  PPS Ittaqollah Kebun Cengkeh Ambon diikuti 4 orang, PPS Ishaka Dusun Ahuru Ambon 11 orang, PPS Suffah Hi Bullah Dusun Oli Baru Desa Hitu Malteng, 32 orang, PPS DQ. Al Anwariyah Desa Tulehu Malteng 11 orang, PPS Nadil Ulum Dusun Ory Desa Pelauw Malteng 9 orang, PPS Tahfidhul Qur’an Desa Lintas Seram Utara Malteng 12 orang dan PPS Khoiru Ummah Waitila, Kecamatan Seram Utara Timur Seti, Malteng 22 orang.

Baca Juga  GBI Maluku Serahkan Bantuan APD untuk Tenaga Medis di Kota Ambon

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, La Fatah, S.Ag, di ruang kerjanya, mengatakan, pelaksanaan US Pada Pondok Pesantren Salafiyah berdasarkan surat Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren tentang penyelenggaraan USBN dan UN pada PPS.

Sebanyak 13 mata pelajaran (Mapel) yang diuji pada pelaksanaan US, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Al-Qur’an, Akhlaq, Hadits, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

“Untuk hari pertama para santri/santriwati akan mengikuti ujian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa indonesia, hari kedua matematika dan IPS, hari ketiga bahasa inggris dan IPA, hari keempat Al’quran dan akhlak, hari kelima hadist dan tauhid dan hari keenam fiqih, bahasa arab dan SKI,” tutur Kabid

Baca Juga  Polres Buru Kerahkan Personilnya untuk Pengamanan Gereja dan Tempat Ibadah dalam Perayaan Paskah

Kabid, mengatakan, jelang pelaksanaan ujian, pihaknya telah mengadakan rapat persiapan teknis dan penyusunan soal ujian Bidang Pakis Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dengan melibatkan para pimpinan Ponpes Salafiyah Ula dan Wustha, sehingga diharapkan pelaksanaan ujian berjalan dengan baik sesuai dengan petunjuk pemerintah.

“Ujian ini tentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu tingkat pendidikan itu sendiri,” kata Kabid

Ia berharap, para peserta dapat menyelesaikan soal-soal dengan benar sehingga bisa meraih prestasi yang baik agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Saya juga menghimbau kepada semua untuk kita bersama-sama menjaga keamaman di lingkungan sekolah untuk dapat memberikan kenyamanan kepada siswa yang sedang ujian,” harapnya (keket/inmas/resi)