Ulik Interior, Lebih Nyaman Daihatsu New Sirion atau Honda Brio RS?

oleh -12 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Mobil city car jadi salah satu pilihan yang banyak diminati masyarakat. Selain desainnya yang menarik, interior atau kenyamanan yang ditawarkan juga jadi pertimbangan.

City car di Indonesia cukup banyak pilihannya. Tapi, yang sering kali disandingkan adalah Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RS. Kedua mobil ini kerap kali dibanding-bandingkan.

Kali ini, tim redaksi coba membantu konsumen dalam menentukan pilihan dengan mengomparasi interior New Sirion dan Brio RS.

Test drive Daihatsu New Sirion
Test drive Daihatsu New Sirion

Daihatsu New Sirion

Kabin New Sirion didominasi dengan warna gelap, tapi bagian atapnya tetap dibuat terang. Kombinasi warna hitam dengan beberapa aksen silver menghiasi area dasbor.

New Sirion dengan jok model semi bucket seat memberikan kenyamanan yang cukup baik. Joknya masih dilapisi dengan material fabric.

Untuk posisi mengemudi, tidak sulit juga menemukan posisi berkendara yang ergonomis. Sebab, joknya bisa diatur tinggi rendah dan maju mundurnya secara manual. Selain itu, setirnya yang sudah dilapisi kulit juga bisa diatur tinggi rendahnya.

Baca Juga  Peduli Gempa, GPPM dan KIM Salurkan Bantuan ke Pengungsi di Baguala dan Salahutu
Speedometer Daihatsu New Sirion
Speedometer Daihatsu New Sirion

Visibilitas cukup baik dan akses untuk mengoperasikan tombol-tombol yang ada di konsol tengah juga mudah dijangkau. Setirnya juga sudah dilengkapi tombol untuk mengatur audio.

Pada panel instrumen, Daihatsu menggunakan kombinasi analog dan layal TFT 4,2 inci untuk New Sirion. Sehingga, terlihat lebih modern. Ditambah lagi dengan adanya head unit 7 inci dan tampilan AC yang sudah digital.

Kabinnya juga cukup lega, baik ruang kaki maupun ruang kepala, untuk baris depan dan juga baris belakang. Sehingga, penumpang dengan postur badan 170 cm pun masih cukup nyaman.

Sofa mode Daihatsu New Sirion
Sofa mode Daihatsu New Sirion

New Sirion memberikan kenyamanan bukan hanya dari posisi duduk saja. Tapi, ada beberapa fasilitas atau kemudahan yang disajikan pada mobil ini.

Tempat penyimpanan pada mobil ini juga cukup banyak, mulai glove box, cup holder yang ada di pintu dan juga konsol tengah, seat back pocket, dan gantungan barang yang terdapat di kursi pengemudi dan penumpang barisan depan. Kursi tersebut juga sudah disediakan power outlet untuk mengecas ponsel.

Baca Juga  Peringati HUT RI, HARITA Nickel Tanam Terumbu Karang Buatan Labuha

Keunggulan lainnya adalah Sofa Mode. Jika posisi bangku penumpang depan dimajukan sampai maksimal, lalu headrest dilepas, dan sandaran punggung dibuka hingga maksimal, maka joknya seolah menyatu dengan jok belakang. Sehingga, penggunanya bisa bersantai meluruskan kaki seperti duduk di sofa.

Sedangkan Brio RS, interiornya didominasi warna gelap. Untuk jok model semi bucket ini, masih dibalut dengan material fabric. Pengaturan joknya pun masih manual, sama seperti New Sirion. Namun demikian, kenyamanan dan kelapangan kabinnya cukup baik.

Dasbor Brio RS juga didominasi warna hitam dengan tambahan aksen silver pada beberapa bagian. Secara tata letak, tak jauh berbeda dengan New Sirion.

Untuk setirnya pun mirip dengan New Sirion, hanya terdapat tombol untuk pengaturan audio yang disematkan pada sisi kiri.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 5.3 Guncang Jailolo Halmahera Barat

Setir ini juga sudah memiliki kemampuan untuk diatur tinggi rendahnya. Namun, panel instrumen Brio RS masih mengandalkan analog.

Head unit milik Brio RS sedikit lebih kecil, yakni 6,4 inci. Letaknya juga berada di bawah kisi-kisi AC. Tampilan AC sama seperti New Sirion yang sudah mengandalkan digital.

Keunggulan dari mobil ini adalah kualitas audionya. Sebab, Honda sudah melengkapinya dengan tambahan tweeter yang disematkan pada ujung kedua pilar A.

Kenyamanan pada baris kedua juga cukup baik, ruang kaki dan ruang kepala yang disajikan terasa lapang, sekalipun untuk penumpang dengan tinggi badan 170 cm.

Kesimpulan

Perbandingan interior dan kenyamanan antara Daihatsu New Sirion dengan Honda Brio RS cukup tipis. Tapi, New Sirion memiliki keunggulan dengan joknya yang memiliki Sofa Mode. Sementara Brio RS, unggul pada kualitas audio dengan tambahan tweeter.

(red/kompas.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.