UN nanti bakal diwarnai dengan soal bertipe uraian

oleh -101 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Ujian Nasional (UN) tahun ini, bisa dipastikan bakalan berbeda dengan tahun kemarin.

Pasalnya, soal UN tahun ini sudah ditambahkan dengan soal bertipe uraian, bukan hanya berisikan soal yang bertipe pilihan ganda (PG) semata.

Hal ini dibenarkan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 15 Ambon, Marcus Mailoa,S.Pd, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di ruang kerjanya, Senin (5/3).

Meskipun baru mengetahuinya, akunya, namun pihaknya sudah melakukan pembekalan kepada siswa kelas VI dengan melakukan bimbingan belajar (bimbel) sejak November 2017 lalu.

Saat ini, jelasnya, piahknya baru saja menyelesaikan try out tahap I kepadfa siswanya.

”SD Negeri 15 bersama dengan sekolah lain baru melaksanakan try out 1,” ujarnya.

Baca Juga  Fery Tanaya Divonis Bebas Murni oleh Pengadilan Tipikor Ambon

Khusus untuk soal bertipe uraian tadi, jelasnya, memberikan dampak besar pada nilai.

Pasalnya, bobot untuk 5 soal uraian yakni sebesar 100, dengan catatan bahwa 1 soal itu bisa bernilai 25, 30, 15, 10, tergantung dari tingkat kesulitan soal tersebut.

Menurutnya, dengan adanya soal uraian ini, pihaknya pun bisa mengetahui kualitas dan sampai mana kemampuan siswa-siswi itu sendiri.

”Dari November sampai dengan Maret proses bimbel masih tetap berjalan, juga diberikannya pelatihan-pelatihan untuk siswa tentang bagaimana dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan uraian yang nantinya akan menjadi bekal untuk memasuki Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),” tegasnya.

Selain itu, terangnya, pihaknya juga menargetkan untuk mencapai kualitas baik dengan akreditasi A.

Baca Juga  Lelah Dikarantina Tiga Bulan, Pasien Covid-19 Maluku Utara Mengamuk

Sehingga, target ini menjadi pemicu bagi para pengajar yang ada pada SDN 15 untuk bekerja keras tanpa pamrih memenuhi target dimaksud.

Meski demikian, tambahnya, pihaknya juga terkendala dengan adanya Kurikulum 2013 yang masih belum terlaksanakan dengan baik.

Karena itu, timpalnya, pihaknya merencanakan menerapkan Kurikulum 2013 dimaksud pada bulan Mei 2018 nanti. (Jessica Soplera)