Unibrah Sofifi akan Gelar Webinar Tentang Prospek Jembatan Temadore

oleh -119 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Setelah sukses menyelenggarakan Webinar Nasional kesatu, pada 14 Agustus lalu, Fakultas Teknik Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara kembali menyelenggarakan Webinar Nasionl kedua dengan tema Prospek Pembangunan Jembatan Ternate Maitara Tidore.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Bumi Hijrah, Dede Sumarna selaku ketua pelaksana mengatakan jumlah pendaftar sampai Selasa 8/92020) mencapai jumlah 720 orang.

Kegiatan Webinar Nasional ini terselenggara atas kerjasama Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara dengan Universitas Sanggabuana Bandung, IATPI Maluku Utara, Kementerian PUPR dan didukung oleh media online Porostimur.com dan Harian Malut Post.

Rektor Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara Sarbaini A. Karim menyampaikan bahwa sesuai PP No.13 tahun 2007 tentang perubahan atas PP No.26 tahun 2008 tentang RTRWN, Kota Ternate ditetapkan menjadi Pusat Kegiatan Nasional (PKN) sedangkan Kota Tikep ditetapkan menjadi Pusat Kegiatan Wilayah (PKW).

Link Banner

Untuk mendukung keberadaan PKN Ternate, selanjutnya kota Ternate yang merupakan main gate Maluku Utara ditetapkan juga menjadi Kawasan Strategis Provinsi (KSP) yang terintegrasi dengan kawasan sekitarnya, yakni Tidore, Ternate dan Sofifi, namun secara geografis terpisahkan lautan sehingga aksesibilitas dan konektivitas antarwilayah terbatas.

Baca Juga  LIPI Temukan Sepuluh Taksa Baru Burung dari Sulawesi dan Maluku Utara

“Dengan adanya webinar ini diharapkan adanya sinergi, kolaborasi, harmonisasi Pemerintah Pusat dengan Provinsi dan kab/kota sehingga persamaan persepsi dan visi untuk pembangunan jembatan Ternate-Maitara-Tidore bisa direalisasikan untuk pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dan ekonomi antar wilayah”, kata Rektor Unibrah.

Selanjutnya Dede mengatakan kegiatan webinar ini bukti nyata Fakultas Teknik mengambil peran strategis dan aktif dalam pembangunan SDM dan infrastruktur di Maluku Utara.

“Insya Allah kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020 pukul 09.00.WIB – 12.00 WIB

Pembicara utama pada webinar ini adalah Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo.

Tiga pembicara lainnya yakni, Dirjen Bina Marga Kemen PUPR Hedy Rahadian, Ahli Geoteknik Prof. Hadi U. Oemono dan Kadis PuPr Maluku Utara Santrani Ms.Abusama.

Baca Juga  Mau Gaya Fashion Lebih Muda? 7 Fashion Item Ini Wajib Punya!

Untuk pendaftaran https://bit.ly/FORM_PENDAFTARAN_WEBINAR_UNIBRAH diharapkan seluruh stakeholder Maluku Utara dapat mengikuti acara ini. (red)