Upacara Hari Perhubungan Nasional di Malut Dipusatkan di Morotai

oleh -195 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Kabupaten Pulau Morotai menjadi tuan rumah upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-74, dengan tema “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju”.

Upacara berlangsung di lapangan Bagsaha, Kota Daruba, dipimpin oleh inspektur upacara Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Prov Malut. Salmin Janidi, S.H., M. Hum.

Bertindak sebagai Danup Staf Dishub Kab. Pulau Morotai Ansahari S.E, dan Pgs. Pasops Lanal Morotai Lettu Laut (P) Ismail T Rahaguna bertindak sebagai Perwira upacara.

Upacara di Hadir oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov. Maluku Utara, Armin Djakaria, Wakil Bupati Morotai, Hi. Asrun Padoma, S.Ag. Para pejabat eselon II Prov. Malut.

Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael Sitanggang, S.IK, Dandenpomal Lanal Morotai Lettu Laut ( PM ) Achmad Haikal, Mayor Lek Dwitedy ( Kadisops Lanud Leo Wattimena ), Asisten I Bupati Morotai, Bpk. Hi. Muchlis Bay, Asisten II Bupati Morotai, Ibu Rina Ishak, Para Kapala KPLP Se Maluku utara, Para staf Ahli Bupati Pulau Morotai, Para pimpinan SKPD Kab. Pulau Morotai serta Para tokoh agama, tokoh masyrakat dan tamu undangan.

Baca Juga  Tuntas! Pleno Tujuh Kecamatan di Kota Ternate, Langkah TULUS Kian Mulus

Adapun Peserta Upacara, 1 SST Kodim Persiapan Morotai, 1 SST Lanal Morotai, 1 SST Polres Pulau Morotai, 2 SSK Staf Perhubungan gabungan Darat, Laut dan Udara se – Prov. Malut, 1 SSK Satpol-PP Pulau Morotai, 1 SSK ASN Kab. Pulau Morotai, 1 SST Siswa SMA Pulau Morotai dan 1 SST Pramuka Pulau Morotai.

Selanjutnya Sambutan Menteri Perbungan RI yang di bacakan oleh Inspektur Upacara, dalam sambutannya bahwa Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita, dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sektor Perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Baca Juga  Sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Korem 152/Babullah Gelar Apel Siaga

Karena peranannya yang teramat strategis, maka segenap Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Saya berharap peringatan Harhubnas dapat menjadi wahana meningkatkan prestasi, memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan, dan kekeluargaan segenap insan Perhubungan di manapun berada.

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan edukasi bertajuk Perhubungan Mengajar di 34 Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu cara pengenalan kepada generasi muda calon penerus yang bercita-cita akan berkiprah di bidang transportasi yang menitikberatkan pada empat nilai yang disingkat menjadi AGiLE, Aman dalam bertransportasi, Giat menjadi teladan dalam berperilaku bertransportasi dan agen perhubungan, Menjadi pionir SDM unggul yang paham akan pentingnya keselamatan bertransportasi, dan Penyampaian pesan dengan Edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga  Polisi Ringkus Suami Istri Pembuhuh Anak Angkat

Semangat dalam mewujudkan semboyan Perhubungan yaitu “Wahana Manghayu Warga Pertiwi”, yang artinya Perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan negara. “Dirgahayu Perhubungan Indonesia”(oje)

Kepala Dinas Perhubungan Pulau Morotai Yakub Kurung mengatakan, Morotai kali ini dijadikan sebagai tuan rumah di provinsi Maluku Utara pelaksanaan upacara hari Perhubungan Nasional.

Upacara besok akan diikuti seluruh Dinas Perhubungan baik Laut, Darat, maupun Udara di sepuluh kabupaten kota se-provinsi Maluku Utara.

Morotai katanya ditetapkan sebagai tuan rumah berdasarkan hasil musyawarah setelah tahun lalu dilaksanakan di Kota Ternate dan akan terus bergulir di setiap tahunnya di sepuluh Kabupaten Kota di Provinsi Maluku Utara.

“Tahun kemarin kan sudah dilakukan di kota Ternate dan sekarang giliran di Pulau Morotai yang pelaksanaanya akan melibatkan TNI, Polri, Insan perhubungan darat laut dan udara, para SKPD, dan siswa siswi,” katanya. (vonny)