Upacara HUT RI ke 75 di Lapangan Merdeka Ambon Berlangung Dibawah Protokol Kesehatan Covid-19

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Maluku diselenggarakan dibawah protokol kesehatan Covid-19.

Upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/8/2020) itu berbeda dari upacara pada tahun-tahun sebelimnya, dimana pada upacara kali ink, para hadirin diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

jumlah peserta upacara pun dibatasi hanya 250 orang guna meminimalkan risiko penularan Covid-19.

Di beberapa pintu masuk menuju lapangan disediakan tempat untuk mencuci tangan. Petugas juga mengecek suhu tubuh peserta dan tamu yang hadir dalam upacara.

Peserta upacara dan tamu yang hadir mengenakan masker berwarna merah putih. Tak hanya itu, mereka juga menjaga jarak sekitar satu meter dengan yang lain.

Baca Juga  Pamitan Mayjen Marga Taufik Dihadapan Prajurit Wilayah Maluku Tengah

Gubernur Maluku Murad Ismail bertindak selaku inspektur upacara. Sementara dan memimpin peringatan Detik-Detik Proklamasi tepat pukul 10.00 WIT.

Sedangkan Letkol Inf. Davis Sutrisno Sirait yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon Infantri (Danyonif) 733/Raider Kodam XVI/Pattimura menjadi komandan upacara. Sementara Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury membacakan Naskah Proklamasi.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara terdiri atas Evangelio Siahaya (SMKN 6 Ambon), Petrus Andarias Dekok (SMAN 1 Ambon), dan Siti Nurbaihati Marasabessy (MA Negeri Ambon).

Biasanya pengibaran dan penurunan bendera dilakukan oleh 70 petugas yang terdiri atas pasukan 17, 8 dan 45. Namun tahun ini petugas upacara pengibaran dan penurunan bendera hanya beberapa orang yang tergabung dalam pasukan 8.

Baca Juga  Pemkot Ambon Raih Penghargaan Tercepat Dalam Penyaluran Dana Desa

Selain itu, aubade yang biasanya dilakukan oleh ratusan siswa di Kota Ambon, tahun ini diganti dengan penampilan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke dan Maju Tak Gentar.

Upacara HUT RI juga dirangkai dengan penyerahan remisi kepada dua narapidana yang mewakili 195 narapinada lain di Maluku.

Pelaksanaan upacara diawasi ketat oleh aparat keamanan. Warga yang menonton di sekitar lapangan juga dibatasi. Mereka diminta memakai masker dan menjaga jarak satu dengan lainnya. (red/rtm/bs)