Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Terus Dilakukan, Lanud Pattimura Kembali Gelar Rapid Test

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang kini telah mencapai angka 20.000 lebih penderita positif di Indonesia, Lanud Pattimura kembali mengadakan Rapid Test metode serologi atau mengambil sampel darah kepada 30 personel di Siekes Lanud Pattimura, Ambon, Kamis (28/5/2020).

Kali ini pemeriksaan rapid test ditujukan kepada seluruh Perwira Lanud Pattimura.

Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, S.Sos, MM. yang ditemui dalam kesempatan ini mengatakan bahwa test ini digelar untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19 yang kian hari kian bertambah dengan harapan personel Lanud Pattimura dan lingkungan terbebas dari infeksi Virus Corona.

“Prosedur test ini dengan darah diambil kemudian dimasukan ke dalam alat centrifuge setelah itu cairan plasma dari darah diteteskan ke dalam alat Rapid Test dan akan terbaca dengan waktu selama 15-20 menit. Hasilnya, apabila muncul 1 garis kontrol maka dikatakan tidak reaktif atau orang yang bersangkutan tidak terjangkit Covid-19. Namun jika muncul 2 garis maka hasilnya dapat dinyatakan reaktif atau orang tersebut terjangkit Covid-19,” jelas Danlanud.

Terkait hasil pemeriksaan Rapid Test ini, Kakes Siekes Lanud Pattimura Letda Kes dr. Fahmi mengungkapkan seluruh personel yang melaksanakan Rapid Test hari ini, dinyatakan tidak reaktif Covid-19 atau bebas dari Virus Corona. Rapid Test ini akan dilaksanakan secara bertahap kepada seluruh personel Lanud Pattimura. (keket)