Update Corona di Malut 28 Maret: OTG 38 Orang, ODP 178 Orang, PDP 7 Orang

oleh -712 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Jumlah kasus ODP (Orang dalam pemantauan) Covid-19 di Maluku Utara bertambah menjadi 178 kasus dari 171 kasus sehari sebelumnya.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Malut, dr. Rosita Alkatiri melalui siaran pers yang diterima porostimur.com, Sabtu (28/3/2020) di Ternate.

Sedangkan kasus PDP bertambah lagi 1 orang berasal dari Kabupaten Halmahera Utara yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo.  Dengan demikian, jumlah kasus PDP sebanyak 7 orang, dimana 5 orang saat ini dirawat di RSUD Chasan Bosoirie, 1 PDP dirawat di RUSD Tobelo serta 1 PDP asal Halmahera Barat yang akan dirujuk ke RSUD Chasan Bosoirie Ternate.

Dalam penyampaiannya dikatakan, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 38 orang, jumlah ODP 178 orang, Jumlah PDP 7 orang dan status terkonfirmasi Positif Covid-19 1 orang.

grafis: halmaherapost

Rosita juga menjelaskan, jumlah orang tanpa gejala (OTG) terjadi perubahan di mana jumlah orang dengan isolasi mandiri tidak dimasukan ke dalam kriteria ini.

Baca Juga  PPKM Diperpanjang, ini Kata Warga Kota Ambon

“Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) terjadi penambahan di Kota Ternate sebanyak 5 orang,” ungkap dr. Rosita

Untuk kasus ODP (Orang Dalam Pemantauan) terjadi peningkatan dengan jumlah 178, namun ada juga pasien OPD yang harus dikeluarkan karena telah melewati masa 14 hari.

Dan untuk kasus terkofirmasi positif Covid-19 masih tetap 1 orang, dan kini masih berada di RSUD Chasan Bosoirie Ternate.

Menurutnya, yang masuk kriteria orang tanpa gejala yaitu orang yang kontak erat dengan kasus positif Covid-19 namun tidak mengalami gejala. “Terdata 2 orang dari Taliabu dan 33 orang dari Kota Ternate,”ucapnya.

Untuk Kasus ODP yang terjadi peningkatan 101 kasus, dimana orang dengan isolasi mandiri yang memiliki gejala demam, atau riwayat demam atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/ batuk dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan/tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal.

Baca Juga  Kritik Kemenkumham, Imanuel Cahyadi Pastikan Tidak Ada Dualisme GMNI

Kriteria ODP juga termasuk orang yang memiliki gejala gangguan sistem pernapasan, seperti pilek/sakit tenggorokan/ batuk dan pada 14 hari terakahir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19

“Untuk kasus PDP (Pasien dalam Pengawasan) terjadi penambahan 1 orang dari Kabupaten Halmahera Barat yang sementara di rawat di RSUD Jailolo dan akan dirujuk ke Ternate” ungkapnya. (red)