Update Covid-19 Maluku: 160 Positif, 27 Sembuh, 7 Wafat

oleh -105 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jumlah pasien positif Covid-19 di Maluku kembali bertambah pada Minggu (24/5/2020) hari ini.

Ada penambahan satu kasus baru sehingga jumlah total yang positif Covid-19 menjadi 160 orang dari sebelumnya 159 pasien berdasarkan hasil pemeriksaan swab di BTKL-PP Klas II Ambon.

“Update harian total konfirmasi (positif terpapar corona) di berdasarkan update Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku 24 Mei 2020 hingga pukul 15:00 WIT sebanyak 160 kasus,”Ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Maluku, Melky Lohy dalam siaran pers yang rilis Minggu (24/5) malam.

Penambahan 1 kasus baru ini lanjut dia, berasal dari Kota Ambon. Hanya saja inisial maupun kodefikasi pasien belum diumumkan. “Inisal dari penambahan 1 kasus pada tanggal 24 Mei 2020 yakni kasus 160 akan diumumkan besok.

Melansir data laporan media harian Covid-19, penambahan data hanya terjadi pada pasien positif, sedangkan yang dinyatakan sembuh maupun korban meninggal dunia tak mengalami perubahan atau sama dengan hari sebelumnya.

Baca Juga  Polsek Nusaniwe Gelar Kampung Tangguh di Pantai Wayasel

Secara keseluruhan, update Covid-19 untuk Maluku per hari ini yakni 160 pasien positif, 27 sembuh dan tujuh meninggal.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Maluku tercatat sebanyak 27 orang. Rinciannya, 21 orang di Kota Ambon, Maluku Tengah 5 orang dan 1 orang di Kabupaten Buru Selatan.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 53 orang, rinciannya, 52 orang dari Kota Ambon dan 1 orang dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Gubernur Maluku Kunjungi Tenaga Kesehatan COVID-19 di Ambon

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail mengunjungi tenaga kesehatan yang menangani pasien virus Corona (COVID-19) di Kota Ambon. Murad berkunjung usai melakukan salat Id di kediamannya.

Murad didampingi istrinya, Widya Murad Pratiwi, dan Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kasrul Selang. Dia mengunjungi tenaga kesehatan yang bertugas di Rumkit Tk II dr JA Latumeten (RST Ambon), RSUD dr Haulussy, RS Angkatan Laut (AL) dr FX Suhardjo di Halong Ambon, dan Balai Diklat Provinsi Maluku.

Baca Juga  Warga Nondang Antusias Sambut Bassam Kasuba

Murad mengawali kunjungannya ke Balai Diklat Provinsi Maluku yang beralamat di Wailela, Ambon. Setiba di lokasi karantina para pelaku perjalanan, serta orang tanpa gejala (OTG) itu, dia disambut oleh lebih dari 20 anggota tim dokter dan tenaga medis.

“Kalian adalah pahlawan, saya berharap kalian tetap bersabar dalam melakukan tugas dan pelayanan,” kata Murad memberi semangat, Minggu (24/5/2020).

Pada kesempatan itu, Murad bersama istrinya menyerahkan titipan tali kasih mereka kepada para pejuang COVID-19 tersebut. Hal itu sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap tenaga kesehatan di Maluku.

Murad kemudian mengunjungi RST Ambon. Bersama Kepala RST Ambon Muhammad Yunus, Murad membahas penanganan pasien, kelengkapan fasilitas, dan persoalan terkait penanganan COVID-19 lainnya. Salah satunya perihal ventilator yang hanya ada 2 unit.

Baca Juga  Akhirnya Personil Koramil 1509-04/Mafa Menerima Vaksinasi Covid-19

“Kalau ada masalah, tolong disampaikan. Mudah-mudahan saya bisa bantu fasilitas ventilator buat rumah sakit ini,” kata Murad.

Sesudah itu, Murad pun mengunjungi rumah sakit lainnya untuk bertemu dengan para tenaga kesehatan.

Salah satu perawat, LP (50), mengucapkan terima kasih atas kunjungan itu. Dia dan rekan-rekannya bekerja merawat para pasien selama 70 hari sejak 16 Maret lalu di ruang isolasi. Murad juga berpesan ke masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah.

“Itu sama dengan masyarakat membantu mereka juga (Tim Medis COVID-19, red), biar mereka tidak lama-lama di dalam sana,” katanya. (red/rtm/inews/dtc)