Update Covid-19 Malut: 977 OTG, 96 Positif, 214 Orang Reaktif Rapid Test

oleh -211 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara kembali merilis data perkembangan Pandemi Covid-19.

Juru bicara Gustu Malut, dr. Alwia Assagaf melalui keterangan tertulisnya pada Rabu (20/5/2020) menyebutkan, saat ini di provinsi Maluku Utara terdapat 214 orang reaktif yaitu 90 otg, 44 odp, 7 pdp dan 73 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Hal itu berdasarkan laporan hasil pengolahan data di Pusat Data Dan Informasi Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara, yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota, dan KKP Kelas III Ternate.

“Pemeriksaan rapid test kepada 4.324 orang, dan didapatkan hasil 214 orang reaktif yaitu 90 otg, 44 odp, 7 pdp dan 73 orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 4.110 orang dengan hasil rapid test non reaktif,”kata dr. Alwia Assagaf.

Alwia Assagaf mengatakan, jumlah orang tanpa gejala (otg) ada penambahan sebanyak 5 orang secara kumulatif, penambhan otg ada di Halbar, Halsel, Sula dan Halut. Hal ini kata Alwia Assagaf, dikarenakan adanya tracking terhadap pasien positif.

Baca Juga  Gauli paksa anak bawah umur, T diringkus tim Buser

Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 121 orang, dan untuk kasus orang dalam pemantauan ada penambahan secara keseluruhan sebanyak 8 orang di Sula, Halsel, Halut dan Taliabu.

“Sementara jumlah pasien dalam pengawasan masih tetap sama seperti kemarin yakni sebanyak 16 orang,”katanya.

Satu PDP Asal Desa Payo Terkonfirmasi Positif Covid-19

Melansir Malutsatu.com, Alwia Assagaf menyebutkan, dari hasil pemeriksaan TCM di RSUD Chasan Bosoirie sebanyak 3 spacemen (3 orang) dengan hasil 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 berasa dari Kabupaten Halmahera Barat.

“Pada hari ini kami telah menerima hasil pemeriksaan melalui TCM di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 3 spesimen (3 orang) dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 1 orang dari Kabupaten Halmahera Barat,”kata Alwia Assagaf.

Baca Juga  Partai Gerindra Santuni Anak Yatim di HUT ke 12 Partai

Dengan demikian lanjut Alwia Assagaf, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai pada Rabu (20/5/2020) menjadi 96 orang, selanjutnya kasus baru ini disebut sebagai kasus 96.

“Pasien 96 jenis kelamin laki-laki berinisial SM umur 59 tahun status PDP asal desa Payo Jailolo Halmahera Barat dan tidak memiliki riwayat perjalanan,”kata Alwia Assagaf.

Ketua Wilayah IDI Malut ini juga menyampaikan, pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 18 orang diantaranya, 16 kasus positif covid-19, 1 pdp dan 1 odp. Dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 60 orang dengan rincian 43 pasien terkonfirmasi positif, 11 otg, dan 6 orang pelaku perjalanan.

Baca Juga  Kasus Warga Kepulauan Sula Dipanggil Polisi Gara-gara Humor Gus Dur, Hinca Pandjaitan: Waduh, Saya Harus Diperiksa Juga?

“Untuk pemeriksaan rapid test sampai dengan hari ini telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 4.324 orang, dan didapatkan hasil 214 orang reaktif yaitu 90 otg, 44 odp, 7 pdp dan 73 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Sedangkan 4.110 orang dengan hasil rapid test non reaktif. (red)