Usai Tugas 10 Bulan di Maluku-Malut, Prajurit Badak Ceta Cakti TNI AD Disambut di Cijantung

oleh -16 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: 30 personel TNI Angkatan Darat dari satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad yang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan atau Satgas Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara sudah tiba di Markas Yonkav 1 Kostrad, Cijantung.

Kedatangan prajurit pilihan Kostrad TNI AD yang telah purna tugas setelah menjalankan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) selama 10 bulan di daerah rawan itu disambut hangat oleh pasukan Kostrad yang mendapat julukan Badak Ceta Cakti.

Kedatangan mereka langsung disambut oleh seluruh prajurit dengan yel-yel selamat datang serta salam penghormatan berjajar di gerbang Markas Komando Yonkav 1 Kostrad TNI AD.

Tidak hanya itu, kedatangan prajurit pilihan Kostrad TNI AD itu juga disambut dengan upacara penyambutan oleh seluruh personel Yonkav 1 Kostrad yang dipimpin oleh Wadanyonkav 1 Kostrad Kapten Kav Widi Kuncoro mewakili Komandan Batalyon Kavaleri (Danyonkav) 1 Kostrad Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo di Lapangan Apel Makoyonkav 1 Kostrad TNI AD.

Dalam upacara penyambutan itu, 30 personel Satgas Pamrahwan itu mencium panji satuan Badak Ceta Cakti sebagai bentuk penghormatan terhadap satuan komandonya.

Baca Juga  Tuasikal: LIN Butuh Legitimasi Berupa Perpres /UU dari Pempus

Wadanyonkav 1 Kostrad, Kapten Kav Widi Kuncoro menyampaikan rasa bangganya kepada prajurit yang telah berhasil menjalankan tugas selama 10 bulan di Maluku dan Maluku Utara.

Sebab, penugasan yang diberikan kepada 30 prajurit pilihan Kostrad TNI AD itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Terlebih lagi, kata Kapten Kav Widi, situasi di daerah sangat tidak menentu atau setiap saat dapat berubah-ubah.

“Penugasan ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan pasal 7 undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Bahwa tugas pokok TNI dalam operasi selain perang (OMSP) diantaranya adalah pengamanan daerah perbatasan dan pengamanan daerah rawan. Jadikanlah tugas ini sebagai guru yang terbaik dalam peningkatan kemampuan kalian,” kata Kapten Kav Widi Kuncoro dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad TNI AD, Senin, 1 Februari 2021.

Baca Juga  PPTN 2017, even pariwisata sekaligus pembinaan bakat generasi muda

Untuk diketahui, 30 prajurit Yonkav 1 Kostrad yang dipimpin oleh Letda Kav Pradifta itu selama bertugas di daerah rawan itu telah diperbantukan ke satuan Yonarmed 9 Kostrad untuk melaksanakan tugas pengamanan di Maluku dan Maluku Utara.

Selama bertugas sebagai Satgas Pam Rahwan, Yonarmed 9 Kostrad tidak hanya fokus pada pengamanan di wilayah perbatasan saja, tapi juga telah banyak memberikan kontribusi bagi warga Maluku dan Maluku Utara dengan melaksanakan kegiatan berupa Karya Bhakti, Pengobatan Massal, Anjangsana, mengajar, dan lain sebagainya. (red/viva)