Vaksin Sinovac Akan Dikirim ke Tiga Daerah di Malut

oleh -109 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Pemerintah pusat telah mendistribusikan vaksin buatan China, Sinovac ke seluruh daerah. Di Maluku Utara, sudah tiba 7.160 vaksin Sinovac yang dikemas dalam lima boks, Senin (4/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Idhar Umar mengatakan, tiga dari lima boks vaksin Covid-19 itu akan didistribusikan ke tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Kepulauan Sula, Halmahera Selatan dan Morotai.

Idhar bilang, pemerintah pusat akan mengirim vaksin secara bertahap ke daerah. Pengiriman tahap pertama, kata Idhar, diperuntukkan kepada tenaga kesehatan dan para pelayan lainnya yang jumlahnya sudah dikirim ke pusat.

“Kami sudah kirim data jumlah tenaga medis dan pelayan lainnya ke pusat, nanti pihak pusat memverifikasi”ujarnya.

Idhar mengatakan, vaksin tersebut digunakan setelah ada pelatihan. ”Jadi mulai Selasa besok (05/01/2021) ada tiga orang yang ikut pelatihan fasilitator, selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan di Malut”jelasnya.

Baca Juga  Tim Tarsius Polres Bitung Amankan 2 ABG Pemilik Senjata Tajam

“Rencana digunakan setelah pelatihan, dan mulai besok sebanyak tiga orang melakukan pelatihan sebagai fasilitator di Jakarta, setelah kembali baru mereka melakukan pelatihan kepada 200 tenaga kesehatan,” terangnya.

Idhar menambahkan, setelah 200 tenaga medis dilatih, kemudian mereka melatih lagi tenaga lain. Proses itu berlanjut hingga tahun 2023.

“Jadi pelatihan tahap pertama ini kita bikin dua gelombang. Gelombang pertama nanti diikuti 800 orang disusul gelombng kedua 100 orang dan seterusnya hingga tahun 2023,” jelasnya.

Idhar juga mengatakan, masyarakat yang akan divaksin sebanyak 800.000 orang. ”Nanti masyarakat Maluku Utara yang akan divaksin itu sebanyak 800.000 orang,” tutupnya. (red/haliyora)