Veronica Koman Tersangka, Komnas HAM Anggap Upaya Kriminalisasi

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara mengkritik langkah Kepolisian Daerah Jawa Timur yang  menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka dalam kasus Papua.

“Ini mengarah pada upaya kriminalisasi,” ujar Beka Ulung saat dihubungi Tempo pada Rabu, 4 September 2019.

Dilansir dari Tempo.co.id, pengacara hak asasi manusia dan pendamping mahasiswa Papua di Surabaya itu dianggap polisi melakukan provokasi dan menyebarkan berita bohong di media sosial.

Menurut Beka, polisi harus berhati-hati dalam melakukan proses hukum terhadap seseorang dalam sebuah peristiwa. “Sepanjang yang saya tahu, apa yang dilakukan oleh Veronica Koman pada peristiwa Surabaya adalah bagian dari upaya memberikan informasi dari sudut pandang yang berbeda, karena faktanya memang ada ujaran rasisme,” ujar dia.

Link Banner

Beka khawatir, beberapa upaya dan pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia serta aparat penegak hukum dalam merespons kasus Papua malah mempersulit upaya pemerintah yang sedang mencalonkan diri sebagai anggota dewan HAM PBB 2020-2022.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Maluku Dorong Masjid Jadi Benteng Toleransi dan Kerukunan

Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan Veronica Koman sebagai tersangka pada hari ini, Rabu, 4 September 2019. “Dari hasil gelar perkara tadi malam, akhirnya kami menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka,” kata Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Luki Hermawan, saat konferensi pers, Rabu, 4 September 2019. (RTL/red/tempo)