Viral. Foto Rekayasa Jokowi Menangis Saat Tinjau Karhutla

oleh -116 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Publik tanah air dihebohkan dengan beredar luasnya foto close-up hasil rekayasa wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berair mata ketika mengunjungi area kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Seperti dikutip dari AFP Fact Check atau Periksa Fakta AFP, Kamis (3/10/2019), ternyata foto tersebut telah disunting.

Foto yang menampilkan wajah Jokowi dari sisi sebelah kiri dengan latar area karhutla berwarna kelabu itu, ternyata telah ditambahi setetes airmata, sehingga tampak Jokowi seolah meneteskan airmata ketika meninjau area karhutla.

Foto itu pun viral dibagikan berbagai unggahan media sosial dengan narasi “Terharu Saat Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau’.

Namun pada kenyataannya Jokowi dalam foto itu tidak mengeluarkan air mata.

Baca Juga  11 Tahun Menikah, Pasangan Ini Tak Pernah Bercinta Sekalipun, Ternyata Penyebabnya...

Dari penelusuran porostimur,com, foto itu pertama kali diunggah oleh Kementerian Sekretariat Negara pada 17 September 2019 lalu.

Saat foto asli disandingkan dengan foto yang beredar luas, tampak perbedaan mencolok dengan foto aslinya.

Viral Foto Air Mata Jokowi di Area Karhutla, Begini Faktanya
Perbandingan foto yang beredar (kiri) dan foto asli dari Kementerian Sekretariat Negara (kanan) Foto: AFP Fact Check

“Klaim itu salah: air mata telah ditambahkan ke foto asli presiden yang sedang meninjau kebakaran hutan di Riau,” demikian keterangan dari AFP Fact Check.

Selain foto itu, Kementerian Sekretariat Negara mengunggah 2 foto lainnya. Dua foto lainnya itu menunjukkan Jokowi berbicara di depan wartawan.

“Keterangan foto tersebut berbunyi: ‘Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Upaya Pencegahan Karhutla’,” tulis AFP Fact Check. (red)

foto asli yang diunggah Kementerian Sekretariat Negara