Viral, Penampakan Uang Baru Sambut HUT RI ke-75

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dikabarkan bakal meluncurkan uang pecahan Rp 75 ribu.

Uang emisi 2020 itu merupakan edisi khusus dalam rangka HUT ke-75 RI.

Dari gambar yang beredar, tampak muka uang baru tersebut bergambar proklamator Republik Indonesia Soekarno-Hatta. Di bawah gambar proklamatoe tersebut terdapat gambar moda transportasi yang dibanggakan masyarakat Indonesia yaitu MRT.

Ada dua pihak yang menandatangani uang baru tersebut yaitu Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Link Banner

Uang baru tersebut pecahan Rp 75 ribu. Menariknya, tulisan Rp 75 ribu tersebut seperti terpisah. 75 dengan angka yang besar dan menyusul di belakangnya 000 dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Hal ini seperti menunjukan rencana redenominasi dengan memangkas nol.

Baca Juga  Episode Terakhir Drama Korea The World of The Married, Ending Episode 16? Beredar Spoiler di Medsos

Sedangkan tampak belakang uang ini adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke.

Rencana peluncuran uang pecahan Rp75 ribu itu diketahui dari undangan untuk konferensi pers melalui aplikasi Zoom, Senin (17/8/2020).

Peluncuran akan dilakukan pukul 11.15 sampai 11.45 WIB atau lukul 13.15 WIT sampai 13.45 WIT.

“Dengan hormat mengharapkan kehadiran bapak/ibu secara virtual pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia,” demikian bunyi surat undangan dari Gubernur BI dan Menteri Keuangan yang menggunakan kop Garuda Pancasila itu.

Ada beberapa agenda lain di  pada peluncuran uang pecahan Rp 75 ribu itu. Di antaranya adalah penayangan video uang peringatan kemerdekaan 75 Tahun RI Indonesia.

Baca Juga  Sirene Roket Berbunyi Pendana Menteri Israel Lari ke Penampungan

Agenda lainnya adalah penyerahan uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebagai Token of Appreciation (ToA) secara simbolis kepada keluarga Proklamator RI. Seluruh proses peluncuran dan penyerahan ToA akan dilakukan secara virtual. (red)