Viral: Walikota Surabaya Tri Rismaharini Dibaptis

oleh -115 views
Link Banner

Porostimur.com |Surabaya: Sebuah video viral di Twitter menunjukkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tengah duduk di tengah sekumpulan orang yang mendoakannya. Video yang diunggah oleh @thewercokbucin ini menjadi ramai pembicaraan lantaran banyak warganet menyebut Risma tengah dibaptis. Namun, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membantah tuduhan tersebut.

Dalam video berdurasi dua menit tersebut, Risma tampat tertunduk di sebuah kursi putih. Di sekeliling Risma berdiri sekumpulan laki-laki dan perempuan. Mereka kemudian mengarahkan telapak tangan mereka ke Risma sembari merapalkan doa-doa terkait kepemimpinan Risma.

Viral Video Risma 'Dibaptis', Begini Bantahan Humas Pemkot Surabaya
Potongan video saat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikelilingi oleh rohaniawan. IDN Times/Dok. Istimewa

“Tuhanlah yang mengangkat dan menetapkan dia menjadi Wali Kota Surabaya. Dan kepada-Mu lah kami serahkan, kalau pada suatu saat tanggung jawab Surabaya ia lepaskan, tetapi Surabaya akan tetap diberkati oleh Tuhan. Sehingga lewat Ibu Risma Tuhan akan berkhidmat untuk menunjuk siapa yang akan menjadi pelanjutnya, untuk membina kota ini sehingga terus dalam satu kesatuan tidak membedakan yang lain,” sebut seorang lelaki dalam video itu.

Baca Juga  Doni Munardo Beberkan Sejumlah Fakta, Covid-19 Bukan Rekayasa

Apa yang dialami Risma juga pernah terjadi pada mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Video Gus Dur yang tengah didoakan oleh rohaniawan diunggah dengan diberikan narasi seolah-olah tengah dibaptis. Dalam video itu, Gus Dur juga didoakan oleh rohaniawan nonmuslim dengan gestur yang sama, yaitu mengangkat telapak tangan.

Link Banner
Viral Video Risma 'Dibaptis', Begini Bantahan Humas Pemkot Surabaya
Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara menjelaskan, peristiwa dalam video tersebut terjadi beberapa waktu lalu saat Risma menghadiri undangan silaturahmi dengan para rohaniawan se-Kota Surabaya. Saat itu Risma tengah didoakan oleh para rohaniawan, bukan sedang dibaptis.

“Jadi, kami pastikan bahwa dalam acara tersebut Bu wali (Risma) didoakan supaya selalu sehat dan selalu dilindungi Tuhan. Tidak ada acara lain selain itu,” jelas Febri, Senin (31/8/2020).

Baca Juga  Kemenkes Tetapkan Tarif Maksimal Rapid Test Corona Rp150 Ribu

Febri melanjutkan bahwa saat silaturahmi tersebut, para rohaniawan meminta agar bisa mendoakan Risma supaya selalu sehat pada masa-masa akhir jabatannya ini. Risma pun tak menolak tawaran tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para rohaniawan, sekaligus wujud budaya toleransi yang ada di Kota Surabaya.

Viral Video Risma 'Dibaptis', Begini Bantahan Humas Pemkot Surabaya
Potongan video saat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikelilingi oleh rohaniawan. IDN Times/Dok. Istimewa

“Saat itu Bu wali juga menyampaikan bahwa harus bersikap seperti itu karena memang beliau adalah wali kota Surabaya, pelayan bagi semua warga Surabaya, tanpa terkecuali,” tegasnya.

Febri menegaskan, Risma ingin menjunjung tinggi nilai tolerasi di Kota Surabaya. Pasalnya, kota yang ia pimpin ini memang terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Setiap kebijakan yang diambil Risma juga mempertimbangkan tiap golongan masyarakat. Hal ini dikarenakan intoleransi bisa membuat perpecahan di masyarakat.

Baca Juga  Sekjen Golkar Bantah Ada Pemboikotan Rapat Korbid Wilayah Timur

“Makanya, ketika di Surabaya ada bom beberapa tahun lalu, bu wali mengaku sangat terpukul dan sedih. Beliau pun rela tidak tidur beberapa hari untuk terus memastikan Surabaya aman. Beliau juga keliling ke beberapa rumah ibadah untuk sekadar membangunkan satpam atau meminta mereka untuk selalu menutup pintu gerbangnya. Itulah beberapa hal yang disampaikan Bu wali dalam acara tersebut, sehingga dia mengajak kepada semua pihak untuk terus menjaga kota ini supaya tetap aman dan damai,” terangnya. (red/rtm/idntimes)