Wabah Corona Tidak Berpengaruh Pada Pelaksanaan Ujian Madrasah Di Halamahera Selatan

oleh -98 views
Link Banner

Porostimur.com : Labuha: Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berlangsung selama seminggu, sejak tanggal 19 – 26 Maret 2020, untuk seluruh Madrasah di Kabupaten Halmahera Selatan tetap berjalan sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan UM hari pertama dipantau langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Drs. H. La Sengka La Dadu, M. Pd.I, Kasubag Tata Usaha Juhari S. Tawary, S. Ag, M. Pd.I, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar, S. Ag, M. Pd. Ke beberapa lokasi pelaksanaan, Kamis, 19/3/2020.

Pemantauan Ujian Madrasah (UM) dibagi dalam dua tim, Yakni tim pertama terdiri dari Bapak Kepala Kantor, didampingi Kepala Seksi Pendis dan Ketua serta anggota kelompok kerja pengawas (Pokjawas) dengan melakukan pemantauan di di Luar ibukota Labuha yakni di MTs Ar- Ridha Desa Paisumbaos Kecamatan Kepulauan Botanglomang, sedangkan tim kedua yakni, Kasubag Tata Usaha dan beberapa ASN Seksi Pendidikan Islam dengan melakukan pemantauan ke Madrasah dalam kota Labuha dengan mengunjungi MTs Daarul Qur’an Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan.

Baca Juga  Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar Pantau Pos PAM Ketupat 2020

Ka. Kankemenag H. La Sengka La Dadu, dalam setiap kunjungannya berpesan kepada para siswa untuk tidak panik dengan wabah Corona, namun harus tetap waspada dan berikhtiar serta melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, Menjaga kebersihan lingkungan, cuci tangan dan menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Kita sebagai umat beragama dalam menyingkapi kejadian ataupun peristiwa yang terjadi dialam ini, dengan lebih meningkatkan Iman kita kepada Allah SWT, dengan melakukan apa yang diperintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang. Sholat dan ibadah-ibadah lain harus dijaga. Serta tidak lupa selalu berdoa agar kita semua diberikan keselamatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Baik untuk diri kita, Keluarga dan Daerah kita Halmahera Selatan, dan bangsa Indonesia pada umumnya, “Pesan Ka Kemenag Halsel.

Baca Juga  Rusli Habibie Minta Gubernur Maluku Utara Bantu Warga Gorontalo di Ternate

Pada Pemantauan Ujian kali ini, Ka. Kankemenag juga menyempatkan untuk melakukan pembinaan terhadap para Guru dan tenaga administrasi baik ASN serta honorer pada MIN 2 Hallmahera Selatan dan MTs Ar- Ridha yang bertempat diruang pertemuan MTs Ar- Ridha Paisumbaos.

Sesuai informasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam, Jumlah Madrasah yang melaksanakan Ujian Madrasah sebanyak 38 Madrasah dari 44 Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada di Halmahera Selatan.

Minus 6 Madrasah belum melaksanakan Ujian Madrasah disebabkan karena Madrasah tersebut merupakan Madrasah baru yang siswanya belum sampai kelas ujian (Kelas III).

Adapun Jumlah peserta ujian yeng mengikuti Ujian Madrasah sebanyak 1.241 Siswa Madrasah.

Sebelumnya para siswa juga telah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) baik yang berbasis komputer (BK) maupun Kertas dan Pinsil (KP) yang dilaksanakan dari tanggal 16 – 18 Maret 2020.

Baca Juga  Gubernur Malut Lantik Lima Pj Bupati dan Walikota

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan langsung oleh Kepala Kantor dan Kepala Seksi Pendidikan Islam serta para Pengawas yang ditempatkan di beberapa Madrasah di seluruh Kecamatan, pelaksanaan UAMBN Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) berlangsung sukses dan tidak ada hambatan dan kendala yang berarti. (adhy/inmas)