Wagub Malut Tinjau Calon Lokasi STQ Nasional 2021

oleh -143 views
Link Banner

Porostimur.com | Wakil Gubernur Maluku Utara (Wagub Malut) M Al Yasin Ali pada Senin (9/12/2019) sore tadi meninjau lokasi yang direncanakan menjadi pusat pelaksanaan STQ Nasional 2021 mendatang yang terletak di Dusun Bukulasa, Desa Durian, Kota Tidore Kepulauan.

Wagub yang juga koordinator tim persiapan STQ ini didampingi Ketua Tim Persiapan Kadis Perkim Djafar Ismail, Kepala Kanwil Kemenag Malut Sarbin Sehe, Kepala Biro Umum Djamaluddin Wua, dan Asisten I Setda Provinsi Malut.

Wagub mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) saat ini tengah menyiapkan rancangan hajatan nasional Seleksi Tilawatil Qur’an 2021 mendatang. Meski lokasi yang akan ditunjuk oleh Kementerian Agama RI baru diumumkan Januari 2020 mendatang.

Kendati demikian, Wakil Gubernur M Al Yasin Ali optimis Kemenag akan menetapkan Maluku Utara sebagai tuan rumah STQ.

“Kita tetap optimis, sekarang mulai kita siapkan infrastrukturnya, ini juga menjadi pertimbangan Kemenag,” ujar Wagub kepada TIMES Indonesia disela-sela kunjungan

Baca Juga  Update Covid-19 Maluku: 201 Kasus Positif, 8 Wafat, 35 Pasien Sembuh

Optimisme mantan Bupati Halteng dua periode ini bukan tanpa alasan, ia mengatakan Pemprov sudah melakukan komunikasi dengan Kemenag terkait kesiapan sebagai tuan rumah.

“Kemarin pak Gubernur (KH Abdul Gani Kasuba) bertemu dengan pak Menteri Agama, salah satu pembahasannya soal STQ, ini juga menjadi peluang buat kita,” ujarnya.

Pemprov sangat serius menghadapi event nasional ini, tercatat di akhir tahun ini, sudah dua kali Wagub yang juga koordinator tim persiapan STQ memimpin rapat dengan Tim Persiapan membahas perencanaan infrastruktur STQ.

Di lokasi yang sama, Djafar Ismail memastikan pembangunan infrastruktur lokasi STQ Nasional 2021 akan rampung pada tahun depan. “Lokasi ini yang kita rencanakan seluas 3,6 hektar, yang jelas di 2020 kita selesaikan untuk pembangunan,” kata  Djafar Ismail saat dikonfirmasi. (red/rtl)