Wagub Sumbar Resmikan Pekuburan Minang di Ternate Maluku Utara

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy meresmikan astana atau pandam pekuburan bagi warga Maluku Utara keturunan Minang yang diberi nama Bukit Minang di Ternate, Sabtu (16/10/2021).

Audy merasa bangga pada warga Minang di Maluku Utara sekaligus menyampaikan ungkapan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Ternate yang sudah mendukung keberadaan orang Minang di Ternate selama ini.

“Saya mewakili Pemprov Sumbar berterima kasih kepada bapak wali kota yang sudah mengeluarkan izin sehingga Bukit Minang dapat dijadikan tempat astana bagi masyarakat Minang di sini,” ujarnya di sela kunjungannya menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQ) Nasional XXVI di Maluku Utara.

Baca Juga  Kasus Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 117 Orang

Audy menambahkan, bahwa diresmikannya pekuburan ini sebagai wujud persatuan yang ditunjukkan oleh Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Maluku Utara.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Tauhid Soleman mengatakan, keberadaan IKM Maluku Utara selama ini mampu mendukung program Pemko Ternate. “Bahkan dari sisi ekonomi, keberadaan orang Minang sangat membantu sekali,” tuturnya.

“Dari kecil sudah terbiasa berbaur dengan orang Minang, maka orang Minang bukan sesuatu yang asing bagi saya,” bebernya.

Saat peresmian tersebut, tampak hadir Ketua DPW IKM Maluku Utara, Ismi Anas.

Ia mengungkapkan, keberadaan Astana Bukit Minang tidak terlepas dari dukungan pemerintah. Serta sumbangsih dari para anggota IKM Maluku Utara yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang. 

“Para pendahulu IKM saling bahu membahu. Dimulai dari pembuatan musala, hingga berubah menjadi masjid yang diberi nama Masjid Imam Bonjol. Sekarang sudah terwujud pandam pekuburan urang minang,” katanya.

Ismi menambahkan, bahwa perkuburan ini terletak di komplek Bukit Minang, Kota Ternate dengan luas 1 hektare. (red)