Wakapolda Maluku Ingatkan Jajaran Ikuti Perintah Wakapolri Yaitu Pilkada Aman dan Sehat

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes, M.M, mengingatkan kepada empat Polres penyelenggara Pilkada di Maluku untuk mengikuti perintah Wakapolri, Komjen Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, M.Si.

Permintaan tersebut disampaikan Wakapolda usai mengikuti rapat melalui video conference yang dipimpin Wakapolri. Rapat virtual juga diikuti Kapolda Maluku Irjen Pol. Refdi Andri di Polsek Amahai, saat hendak menuju Polres Maluku Tengah.

Selain itu, rapat yang dilaksanakan sejak pukul 12.00 WIT ini juga diikuti Irwasda Maluku, Pejabat Utama dan Kapolres/ta Jajaran. Rapat virtual berlangsung di Rupatama Polda Maluku, Kota Ambon, Senin (7/12/2020).

Polda Maluku sendiri terdapat empat Polres jajaran penyelenggara Pilkada serentak tahun 2020 di Indonesia. Yaitu Polres Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Seram Bagian Timur dan Polres Buru (Buru Selatan).

“Empat Polres yang melaksanakan pilkada betul-betul diperhatikan apa yang disampaikan Wakapolri. Semoga pelaksanaan pilkada bisa berjalan aman, lancar, damai dan sejuk,” pinta Wakapolda Maluku, Jan de Fretes.

Baca Juga  Puisi- Puisi: M. Azis Tunny

Dalam rapat tersebut, Wakapolri Gatot Eddy Pramono menekankan kepada Kapolda yang wilayahnya masih berstatus zona merah penyebaran Covid-19, agar dapat maksimal menerapkan protokol kesehatan. Hal ini diharapkan sehingga tidak menimbulkan kluster baru Pilkada.

“Polri, Pemerintah Daerah, TNI, KPU dan Bawaslu perhatikan betul. Ini menjadi tugas kita untuk memperhatikan protokol kesehatan,” pintanya.

Terkait pelayanaan khusus, Wakapolri juga meminta agar bisa dioptimalkan secara baik dan benar. Sehingga partisipasi publik terhadap penyelenggaraan pilkada tahun ini tidak turun.

“Untuk itu sosialisasikan terkait penerapan protokol kesehatan yang sudah tersedia di TPS,” harapnya.

Di sisi lain, jajaran Polri juga diharapkan dapat memantau perubahan cuaca. Selain itu dia juga meminta apabila terdapat surat suara yang rusak segera dikoordinasikasan.

Baca Juga  Komisi II DPRD Kota Ambon Gelar Raker Bahas Sengketa Lahan SDN 50 dan SDN 64

“Daerah yang mengalami becana perhatikan kesehatan dan protokol kesehatan. Jaga Netralitas Polri dan Patroli berskala besar tetap dilaksanakan, petakan daerah-daerah,” pintanya.

Jajaran Polda di Indonesia juga diharapkan untuk senantiasa melakukan operasi Yustisi secara mobile dan mengoptimalkan Satgas Nusantara.

“Protokol kesehatan betul-betul diperhatikan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19,” katanya. (valen)