Wakapolda Maluku resmi dijabat Brigjen Pol Drs Hasanuddin

oleh -211 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Brigjen Pol Drs Hasanuddin,SH,MH, ditunjuk menjabat sebagai Wakil Kepala (Waka) Kepolisian daerah (Polda) Maluku, menggantikan Brigjen Pol Daniel Pasaribu.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolda Maluku ini digelar di Ruangan Rapat Utama Mapolda Maluku, Selasa (30/1).

Pergantian posisi Wakapolda Maluku ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri, bernomor : ST/16/I/2018 tertanggal 3 Januari 2018.

Brigjen Pol Drs Daniel Pasaribu sendiri dimutasikan  menjabat sebagai Widyaiswara Madya Sespim Lemendiklat Polri.

Link Banner

Sementara Brigjen Pol Drs Hasanuddin,SH,MH sebelumnya menjabat sebagai Karotekkom Div Tik Polri.

Rilis berita yang diterima dari Polda Maluku, menyebutkan acara sertijab Wakapolda dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Deden Juhara.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon hari ini, Selasa 4 Agustus 2020

Acara ini turut dihadiri oleh Irwasda Maluku, Kombes Pol Purwolelono,S.I.K,MM, para Pejabat Utama, Pejabat Menengah, jajaran Kapolres, Bintara, Tamtama, PNS Polda Maluku serta Pengurus Bhayangkari Polda Maluku.

Dalam sambutannya, Juhara mengatakan upacara sertijab merupakan momentum strategis, sebagai upaya dalam menjamin dinamika manajerial yang di dalamnya menuntut komitmen dan dedidkasi untuk melaksanakan tugas, sebagaimana yang diamanatkan sebagai bentuk kepercayaan pimpinan Polri yang dilakukan secara profesional dan bertanggung jawab.

”Serah terima jabatan Waka Polda yang dilakukan oleh Polda Maluku, sebagai satu bentuk pembinaan karier, personil Polri melalui mutasi baik berdasarkan penugasan jabatan (Tour of Duty), maupun daerah penugasan (Tour of Area), sebagai bentuk penyegaran bagi organisasi serta sebagai wujud pemberian penghargaan kepada personil Polri yang telah menunjukkan prestasi kerja yang baik,” ujarnya.

Baca Juga  Insiden saat pelantikan, KNPI Maluku ungkapkan penyesalan

Sebagai unsur Pimpinan Polda Maluku yang strategis, jelasnya, jabatan Waka Polda sendiri bertugas membantu Kapolda dalam melaksanakan tugasnya dengan mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas yang ada di Polda Maluku.

Salah satu tantangannya, akunya, yakni wilayah hukum Polda Maluku yang secara geografis merupakan daerah kepulauan dengan sebaran penduduknya kurang merata.

Dimana, dari aspek Kamtibmas senantiasa dihadapkan pada dinamika yang kompleks, seperti konflik sosial,terorisme,aksi unjuk rasa maupun berbagai ganguan Kamtibmas Lainnya.

”Ke depannya, Polda Maluku akan diperhadapkan dengan agenda besar yang akan dilaksanakan yaitu terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, pemilihan Walikota dan Walikota Tual, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tenggara. Untuk itu sebagai Abdi Negara, diharapkan netralisasi anggota Polri, dalam membantu pemerintah dalam menyukseskan pilkada tersebut,” pungkasnya. (Yuli Harmusial)