Wali Kota Ambon Minta Anggota DPRD yang Baru Dilantik Kritis Terhadap Pemerintah

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Ambon yang terpilih pada pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu resmi dilantik dan diambil sumpahnya di aula Kantor DPRD Kota Ambon, Rabu (11/9/).

Dari 35 anggota DPRD yang dilantik, 12 orang di antaranya merupakan wajah baru dan masih berusia muda, alias kaum millenial.

Wali Kota Ambon Ricard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler bersama pimpian OPD di lingkup pemerintah Kota Ambon ikut hadir dalam acara pelantikan tersebut.

“Kepada 35 Anggota DPRD yang dilantik saya ucapkan selamat dan semoga dapat bersinergi dengan pemerintah kota dalam membangun Kota Ambon yang lebih maju lagi,” kata Richard kepada para jurnalis usai acara pelantikan di Gedung DPRD Kota Ambon.

Richard mengatakan dirinya yakin para anggota DPRD yang baru dilantik memiliki kemampuan dan kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

Baca Juga  Kapolda Maluku Hadiri Panen Raya & Bakti Sosial Pemberian Bantuan Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Karena itu Ia meminta agar para anggota DPRD yang baru saja dilantik dapat terus menjalankan fungsi pengawasan terhadap pemerintah kota sesuai kewenangannya.

“Saya pastikan mereka pasti kritis ya, yang saya khawatir justru kalau mereka tidak kritis padahal kritis itu sangat penting untuk mengawasi pemerintah,” katanya.

Richard mengatakan, banyak anggota DPRD berusia muda yang ikut dilantik akan membuat dinamika dan kinerja DPRD Kota Ambon ke depan akan semakin baik.

Apalagi mereka yang dilantik memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman organisasi yang baik pula.

“Pertama energik kemudian latar belakang pendidikan juga cukup bagus jadi saya pastikan mereka pasti kritis,” katanya.

Mereka yang dilantik hari ini adalah Anggota DPRD yang terpilih mewakili empat Dapil di Kota Ambon.

Dari Dapil Ambon I: Swenly Hursepuny dari PKB dengan perolehan 750 suara, Johny Paulus Wattimena dari Gerindra dengan 844 suara, Lucky Leonard Upulatu Nikijuluw dari PDIP dengan 1.386 suara, Frederika Latupapua/Noya dari partai Golkar dengan 1.539 suara, Christian Latumahina dari partai Nasdem dengan 938 suara, Patrick Moenandar asal Perindo dengan 676 suara, Julius Joel Toisuta dari Demokrat dengan 528 suara serta Juliana Pattipeilohy dari PKPI dengan perolehan suara 1.693 suara.

Baca Juga  Penyaluran Bantuan Capai 95 Persen, DPRD Apresiasi Pemkot Ambon

Dari Dapil Ambon II: Gunawan Mochtar dari PKB dengan suara sebanyak 657, Rustam Latupono dari Gerindra 1.822 suara, Margaretha Siahay dari Golkar dengan 1.267 suara, Nathan Polonda dari NasDem 911 suara, Yusuf Wally dari PKS 1.710 suara, Johan Van Capelle dari Perindo 1.128 suara, Andi Rahman asal PPP dengan 1.311 suara, serta Hadiyanto Junaidi dengan perolehan 1.153 suara dari Hanura.

Dari Dapil Ambon III: Ary Sahertian dari PKB sebanyak 1.333 suara, Astrid Y Soplantila dari Gerindra 1.174 suara, James Richard Maatita asal PDIP dengan 2.628 suara, Gerald Mailoa dari PDIP dengan 1.523 suara, Elly Toisutta dari Golkar 1.548 suara, Johny Mainake dari NasDem 1.330 suara, Rawidin La Ode Ido dari Perindo 1.209 suara, Helmy Tehupuring asal Hanura 953 suara, dan Risna Risakotta 947 suara dari Demokrat.

Baca Juga  Gabung ORCA Music, Esther Geraldine Rilis Single Debut Rarity

Sementara dari Dapil Ambon IV: Christianto Laturiuw 735 suara dari Gerinda, Jafri Taihuttu asal PDIP dengan 1.233 suara, Zeth Pormes dari Golkar dengan 1.710 suara, Morits Librecht Tamaela dari NasDem 930 suara, Saidna Azhar Bin Tahir dari PKS dengan 1.695 suara, Harry Putra Far-Far dari Perindo 1.114 suara, Taha Abubakar dari PPP dengan 987 suara, Ricky Davids Helaha dari Hanura 1,536 suara, Obed Souisa dari Demokrat 1.099 suara dan Jacob Usmany PKPI dengan perolehan suara 1.366. (keket/lia)