Walikota Ambon Serahkan Banpres Produktif Kepada 3.500 UMKM

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif kepada 3.500 Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Ambon.

Penyerahan Banpres Produktif senilai Rp 2,4 juta/UMKM. tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Ambon kepada perwakilan UMKM saat upacara peringatan HUT Ke-445 Kota Ambon yang dipusatkan di Lapangan Tahapary, Polda Maluku di kawasan Tantui, Senin (7/9/2020).

“Kemarin dari Kota Ambon kita usul kurang lebih 20.000 UMKM. Namun yang sudah direalisasi itu 3.500. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bantuan itu turun lagi,” kata Wali Kota kepada wartawan usai upacara tersebut.

Dijelaskan, para penerima bantuan tersebut sudah terdata by name by address.

Link Banner

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Ambon Abdul Muin mengatakan, BRI merupakan salah satu bank penyalur bantuan UMKM.

Baca Juga  Rofik: Virus Corona Bisa Tersebar Dimana-mana

“Kami bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Ambon, mengirimkan data calon penerima ke Kementerian UMKM dan Koperasi. Nanti mereka yang akan memverivikasi siapa-siapa yang menerima bantuan, nanti baru disalurkan ke rekening,” katanya.

Dijelaskan, 3.500 UMKM tersebut merupakan penerima bantuan untuk tahap I.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan dinas, sebab masih ada data-data yang kurang sehingga harus dilengkapi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Banpres Produktif yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta per pelaku usaha mikro atau setara dengan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Bantuan tersebut ditargetkan untuk 12 juta pelaku usaha mikro yang ada di Indonesia. Dengan catatan, pelaku usaha mikro tidak sedang menerima kredit perbankan. (red)