Wamena Rusuh, Massa Bakar Kantor Bupati dan Pertokoan

oleh -115 views
Link Banner

Porostimur.com | Wamena: Kerusuhan dilaporkan pecah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019). Sejumlah bangunan di kota itu dilaporkan dibakar dan dirusak massa.

Aksi perusakan dan pembakaran itu bermula dari aksi demo yang digelar oleh pelajar SMA, mahasiswa dan elemen masyarakat lainnya di Kota Wamena.

Massa gabungan membakar sejumlah perkantoran di Kota Wamena. Perkantoran yang dibakar diantaranya Kantor Bupati Wamena, Kantor Bapeda, Kantor BPS, Kantor KUA dan sejumlah kantor di tengah Kota Wamena. Massa yang beringas juga merusak dan membakar sejumlah toko yang ada di Kota Wamena.

Beberapa bangunan yang dibakar massa. Foto: Istimewa

Unjuk rasa anarkistis ini dipicu isu ada salah satu guru SMA PGRI pada Sabtu kemarin 22 September 2019 melontarkan kata-kata rasis kepada salah satu murid asli Papua.

Link Banner

Akibatnya ribuan massa mulai berkumpul di Kota Wamena dan melakukan unjuk rasa yang berujung anarkistis. Sampai saat ini aparat keamanan terdiri dari Polres Wamena dan Kodim masih bersiaga di tengah Kota.

Baca Juga  Termiskin Kedua di Maluku, Bupati KKT Didesak Bangun SDM

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto saat dihubungi SINDOnews membenarkan adanya aksi unjuk rasa yang berujung anarkistis.

Kantor Bappeda Jayawijaya yang terletak di dalam kompleks pemerintahan di Kantor Bupati Jayawijaya. Foto: Istimewa

Tak hanya di Wamena, di Kota Jayapura situasi juga dilaporkan memanas. Sebagian Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Jayapura, Papua, memulangkan siswa lebih awal pada Senin pagi karena ada demonstrasi mahasiswa.

“Pulang lebih cepat karena adanya aksi demo,” kata Agustina, seorang guru Sekolah Dasar di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Menurut dia, sekolah memutuskan memulangkan pelajar lebih awal demi alasan keamanan. (rrl/red/bp/sp/suara)