Warga Capalulu Minta Pemda Normalisasi Kali Sebelum Banjir

oleh -120 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Guna mengntisipasi luapan Kali Waisoha yang tepat berada di belakang Desa Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, warga meminta pemerintah agar dapat melakukan normalisasi sebelum bajir.

Hal ini perlu dilakukan karena luapan Kali Waisohasangat parah dan mengancam Desa Capalulu bisa putus jadi dua. Sebab, jika terjadi banjir, luapan air keluar tepat di tengah perkampungan.

“Saya selaku warga Desa Capalulu yang tau betul kondisi air waisoha bila meluap akan lebih parah dari desa lain,” kata Rais umaternate, kepada media ini, Kamis (16/7/2020)

Diketahui pada tahun 2019 lalu, banjir sempat melanda Desa Capalulu dan merendam sejumlah rumah serta bangunan Sekolah Menangah Pertama juga lapangan sepakbola.

Oleh karena itu, lanjut Rais meminta Pemda Kepulauan Sula, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar membantu pemerintah desa melakukan normalisasi kali tersebut.

Baca Juga  Italia Dibayangi Mimpi Buruk Piala Dunia 2018, Mancini Kalem

“Kali Waisoha saat ini butuh di normalisasi, jangan tunggu banjir baru normalisasi, itu kan sudah terlambat”, ujarnya.

Rais bilang, sejumlah rumah warga saat ini sudah terendam dengan genangan air akibat curah hujan yang terus-menerus beberapa waktu terakhir.

“Baru genangan air saja rumah warga sudah tergenang, apalagi banjir akan lebih parah lagi,” tutupnya. (ifo)