Warga Desa Kampung Baru Minta Pendamping Kecamatan Kembalikan Kartu ATM Sembako

oleh -136 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Sosial, sudah memberikan Buku Tabungan sekaligus Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) kepada penerima manfaat lewat pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Namun di Kecamatan Kepulauan Botang Lomang, keberadaan kartu ATM justru menuai masalah.

Pasalnya pendamping TKSK hanya memberikan buku tabungan kepada penerima manfaat, sedangkan Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tidak diberikan dan justru dipegang oleh TKSK.

Salah satu penerima manfaat di Desa Kampung Baru Kec. Botang Lomang yang enggan disebutkan namanya, menuturkan bahwa sudah hampir setahun pendamping kecamatan memegang Kartu ATM sembako mereka.

“Sudah mau satu tahun pendamping pegang kitorang pe kartu ATM, dan pendamping hanya berikan empat orang punya saja. itupun dia suru jangan bilang yang lain lagi,” tuturnya, Sabtu (23/01/2021).

Baca Juga  Wakapolda Maluku Hadiri Sidang Sinode GPM Tahun 2021

Penerima lain membeberkan bahwa di saat meraka ingin ambil Kartu ATM, pendamping mengatakan jangan buat saya pusing dalam penyaluran sembako nanti.

“Saat kitorang mau ambe ATM, Pendamping Ono bilang jangan kase pusing saya, karena akan saya binggung di saat penyaluran sembako, jadi kitorang langsung badiam. Pendamping bilang bikiapa sampe saya tahan (ngoni red) Penerima punya Kartu ATM, karena dengan pergantian Menteri Sosial, penerima hanya dapat sembako saja sedangkan Kartu ATM itu pendamping yang pegang,” bebernya.

“Kitorang penerima yang ada di Kecamatan Kepulauan Botang Lomang khususnya di Desa Kampung Baru, ingin tanyakan kepada pihak terkait dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Selatan bahwa apakah dari Dinas Sosial yang suruh pendamping tahan Penerima ATM sembako ataukah pendamping Sardiono R. Tuara yang beken aturan sendiri. Jadi kalau memang semua itu pendamping beken aturan sendiri, kitorang minta Kepala Dinas Sosial pecat Pendamping TKSK dan kasih pulang kitorang Pe Kartu ATM,” tukasnya. (adhy)