Warga Halmahera Utara Serahkan Senjata & Granat ke Satgas Yonarmed 9 Kostrad

oleh -151 views
Link Banner

Porostimur.com | Tobelo: Satgas Yonarmed 9 Kostrad berhasil memperoleh senjata dan bahan peledak dari masyarakat Maluku Utara. Senjata ini diserahkan dari masyarakat kepada Satgas Yonarmed 9 Kostrad melalui Pos 4 Wayabula SSK I dan Pos 6 Kao SSK I.

Hal ini dijelaskan oleh Komandan Satgas Yonarmed 9 Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi, S.Sos, MSi dalam rilis resmi yang diterima redaksi porostimur.com, Sabtu (4/7/2020).

Dalam rilis tersebut dijelaskan bahwa personel Pos 4 Wayabula SSK I dan Pos 6 Kao SSK II telah berhasil memperoleh 1 pucuk laras pendek rakitan, 3 buah granat mortar berkali ber 53 mm dan 81 mm, munisi kaliber 7,62 sebanyak 21 butir, munisi kaliber 12,7 mm 18 butir.

Baca Juga  BNN Provinsi Maluku Ungkap 6 Pelaku Narkoba

Dansatgas menuturkan bahwa senjata ini diperoleh dari hasil pendekatan personel Pos 4 Wayabula SSK I dan Pos 6 Kao SSK II dengan masyarakat setempat.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh pihak yang menyerahkan, senjata api ini disimpan dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerusuhan seperti pada tahun 1999 s.d 2001.

Dengan kedekatan yang sudah terjalin dengan baik, masyarakat secara sukarela menyerahkan senjata api miliknya tersebut.

Senjata api tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Pos Kotis Satgas Yonarmed 9 yang berada di Tobelo, Kab. Halmahera Utara.

“Perolehan senjata api ini merupakan suatu bukti nyata terjalinnya komunikasi yang baik Satgas Yonarmed 9 dengan masyarakat yang berada di lingkungannya. Dengan penyerahan api ini diharapkan dapat mengurangi jumlah senjata api ilegal yang tersebat di masyarakat wilayah Maluku Utara”, terang Komandan Satgas. (red)