Warga Mulai Gerah Dengan Kim Jong Un: Anda Kurang Ajar!

oleh -131 views
Link Banner

Porostimur.com, Pyongyang – Sebuah grafiti yang berisi makian terhadap pemimpin tertinggi Korea Utara (korut), Kim Jong Un, ditemukan di sebuah sisi kota Pyongyang pada 22 Desember lalu.

Mengutip laporan Daily NK, grafiti itu menggambarkan kritikan atas kurangnya aksi pemerintah terhadap bencana kelaparan yang terjadi di negara itu. Tulisan itu tertempel di sebuah apartemen distrik Pyongchon dan pihak berwenang dilaporkan sudah mengambil langkah untuk menghapus tulisan itu.

“Kim Jong Un, Anda kurang ajar. Orang-orang mati kelaparan karenamu,” tulis grafiti itu sebagaimana dilaporkan warga yang bermarga Kim dikutip Sabtu (8/1/2022).

Korut sendiri secara tegas melarang semua tindakan yang secara langsung mengkritik pemimpin negara. Pihak berwenang telah mendakwa pelaku kejahatan terhadap negara atau penghasutan dan mengirim mereka ke kamp penjara politik atau bahkan mengeksekusi mereka.

Pada Maret 2018, seorang kolonel di Departemen Staf Umum dieksekusi di depan umum setelah ia dinobatkan sebagai biang keladi di balik coretan yang ditinggalkan di Gedung Kebudayaan Pyongyang 25 April yang mengkritik rezim Kim.

Baca Juga  Percepat Ekspor, Bea Cukai Dukung Penerapan NLE di Ambon dan Banten

Sementara itu, Korut sendiri juga sedang dilanda kelaparan hebat akibat beberapa pembatasan yang berlaku saat pandemi Covid-19. Hal ini juga sempat disuarakan oleh Kim Jong Un beberapa bulan lalu.

Dalam mengatasi bencana itu, Kim meminta warganya untuk “mengencangkan ikat pinggang mereka” hingga setidaknya tahun 2025 mendatang. Tak hanya itu, warga disarankan untuk mengkonsumsi daging burung air untuk mengatasi persoalan ini.

(red/cnbc-indonesia)