Warga Muslim Pulau Buru Rayakan Malam Idul Adha Dengan Pawai Obor

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com | Namlea: Ratusan warga Pulau Buru, Maluku melaksanakan pawai obor keliling menyambut perayaan Idul Adha 1441 H yang jatuh pada hari Jumat, (31/7/2020).

Meski pun acara berlangsung di tengah masa pandemik Covid-19 namun tak luput mengundang antusiasme warga setempat.

Lebih kurang lebih 300 peserta dari semua kalangan turun menyemarakkan acara pawai obor keliling dengan lantunan takbir sepanjang rute.

” Ada 300 peserta yang turut meramaikan. Kegiatan ini sangat direspon baik masyarakat. Banyak yang mendukung. Bahkan selama perjalanan pawai berlangsung, warga yang melihat kegiatan ini rela berhenti untuk menyaksikan meriahnya pawai yang diselenggarakan menyambut datangnya hari raya kurban tahun ini” ungkap Akhmad Alamudi.

Diiringi pukulan beduk, regu pawai obor di arak malalui jalur utama dalam kota namlea dengan ornamen obor yang dibawa oleh masing masing peserta pawai.

Baca Juga  Pengakuan Bappenas soal Perekonomian Bikin Kaget, Bisa Gawat!

Demi menjaga stabilitas keamanan dimalam takbir. Sejumlah keamanan dikerahkan melakukan penjagaan dan pengawalan di sejumlah titik termasuk mengawal jalannya pawai berlangsung.

Ketua panitia perayaan Idul Adha. Ahmad Alamudi menjelaskan, dalam menyelenggarakan acara takbir akbar dan pawai obor ini sebelumnya pihaknya telah mengantongi ijin dari pihak terkait.

“Kita sudah mengantongi ijin dari pihak kepolisian. Lagi pula pulau Buru sudah mulai memasuki zona hijau, jadi kegiatan keagamaan semacam ini setidaknya bisa mengurangi stres masyarakat”, kata Ahmad.

Menurutnya, panitia sudah cukup mengedepankan prosedur protokol kesehatan Covid-19 selama tahapan berlangsung.

“Dari awal meskipun agak kesulitan tapi kami sudah berusaha semaksimal mungkin menjaga serta menerapkan prosedur protokol kesehatan standar covid selama rangkaian kegiatan menyambut Idul Adha ini berlangsung,” tukasnya lagi.

Baca Juga  Viral Video Ajep-Ajep Syariah, Netizen: Tanda-tanda Akhir Zaman

Acara yang digelar malam tadi berlangsung lancar dengan pengawasan ekstra ketat dari panitia maupun pihak keamanan. (ima)