Warga wajib cek kebakaran sebelum melapor

oleh -40 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Bukan hanya melihat kepulan asap hitam dan melaporkannya sebagai kebakaran, tetapi warga juga dimnta untuk memastikannya terlebih dahulu.

Sehingga, laporan kebakaran yang dimasukkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon benar-benar akurat dan bisa ditindaklanjuti.

Saat dikonfirmasi wartawan di Ambon, Selasa (16/1), hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pengendalian Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkar Kota Ambon, Chris Pattikawa.

Menurutnya, kebanyakan laporan warga yang dimasukkan kepada pihaknya berdasarkan adanya kepulan asap hitam.

Link Banner

Namun sayangnya, warga yang melapor justru belum memastikan material apa yang terbakar.

Apalagi, sebagian besar kepulan aasap hitam dimaksud disebabkan pembakaran sampah.

”Dihimbau agar warga cek dulu sebelum melapor,” singkatnya.

Kondisi itu, jelasnya, menempatkan laporan kebakaran berdasarkan adanya kepulan asap hitam sebagai laporan teratas sepanjang tahun 2017 kemarin.

Baca Juga  Secara Dejure, Megawati-Prabowo Presiden & Wapres 2019-2024

Padahal, saat dipastikan di lapangan, yang terbakar adalah timbunan sampah ataupun material karet dan plastik yang mengakibatkan kepulan asap hitam.

”Banyak yang terjadi, dong tidak cek lagi, langsung telepon pas liat asap hitam. Ini masyarakat dong panik. Kalau yang punya itu (sampah) yang terbakar, dong tidak lapor, karena tahu kalau itu bukan kebakaran. Tapi orang yang melihat dari jauh yang malah suka melapor,” timpalnya.

Adanya kepastian saat pelaporan tersebut, tambahnya, membantu pihaknya dalam menerjunkan personil untuk pengamanan kebakaran, khususnya dalam skala besar.

Pasalnya, sebagian personil diterjunkan mengatasi kebakaran di lokasi lain yang belum bisa dipastikan kebenarannya, sementara di lokasi lain membutuhkan penanganan segera dalam skala yang jauh lebih besar.

Baca Juga  Dimediasi Polsek Telluwanua, Kekasih Gadis Asal Maluku Bersedia Bertanggungjawab

”Contoh seperti di Kebun Cengkeh itu, yang bakar sampah itu kan bukan kebakaran,” pungkasnya. (Jessica Soplera)