Waspada! Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi di Libur Natal dan Tahun Baru

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Cuaca ekstrem diprediksi terjadi pada 23 hingga 28 Desember 2019.

” Bagaimana dengan prakiraan hujan sepekan ke depan? Ini penting sekali, karena merupakan hari-hari libur Natal dan Tahun Baru di mana terjadi pergerakan massa yang jumlahnya masif dari satu wilayah ke wilayah lain,” ujar Dwikorita melalui video conference di kantor BMKG, Jakarta, Senin 23 Desember 2019.

Saat ini, kata Dwikorita, 74 persen wilayah Indonesia sudah mengalami musim hujan. Dalam catatan BMKG, terdapat potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah.

Baca Juga  Bertepatan dengan Malam Perayaan Maulid Nabi Muhammad, Gempa Guncang Ambon dan Kairatu

” Hujan dan cuaca ekstrem masih akan terjadi dalam sepekan di wilayah Indonesia,” ucap dia.

Sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Paparan BMKG mengenai kondisi cuaca ekstrem sepekan ke depan (Foto: Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafi`an)

Selain itu, lanjut Dwikorita, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi dalam satu pekan ke depan.

Wilayah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi 1,25-2,5 meter berada di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Enggago-Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon Hari Ini, Senin 20 Juli 2020

Gelombang tinggi juga bakal dirasakan di Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian selatan, Laut Sawu bagian selatan, Perairan selatan Pulau Sawu hingga Pulau Rotte, Samudra Hindia barat Sumatera, Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas-Kepualauan Natuna, Laut Natuna, Perairan timur Bintan hingga Lingga, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Maluku, Perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat hingga Papua.

BMKG juga memperkirakan pada 27-28 Desember 2019 ada wilayah yang berpotensi mengalami gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter. Gelombang tinggi itu kemungkinan terjadi di Perairan selatan Jawa Tengah hingga Sumbawa, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Sumba dan Laur Natuna Utara.